Sambut Hari Pertama Kerja agar Berjalan Lancar

Last update on .

Hari pertama bekerja menjadi salah satu penentu bagaimana kesan pertama rekan kerja terhadap Anda. Terlebih lagi, kesan pertama di tempat kerja memiliki peran penting bagi karir Anda di perusahaan tersebut. Jangan sampai salah langkah dan meninggalkan kesan yang kurang baik di hadapan atasan maupun rekan kerja saat hari pertama bekerja. Anda tidak perlu grogi, berikut ialah sejumlah tips menyambut hari pertama kerja agar mendapatkan kesan positif dari rekan kerja:

 

Datang tepat waktu

 

Datang terlambat saat hari pertama bekerja akan menciptakan citra negatif yang tidak terlupakan. Oleh karena itu, biasakan untuk datang lebih awal dari jam masuk kantor. Terbiasa datang tepat waktu atau lebih awal membuat Anda terlihat sebagai sosok yang disiplin dan semangat bekerja.

 

Gunakan pakaian yang sopan

 

Meskipun kantor memperbolehkan menggunakan pakaian santai, bukan berarti Anda bisa memakai baju seadanya. Pastikan untuk tetap menggunakan pakaian yang sopan dan sesuai peraturan perusahaan. Jangan sampai salah kostum karena menggunakan pakaian yang tidak sesuai. Kemudian, pastikan untuk menjaga penampilan dengan baik di hari pertama bekerja.

 

Ramah dan murah senyum

 

Saat tiba di kantor, besar kemungkinan Anda akan merasa canggung dan bingung. Untuk mencairkan suasana, cobalah untuk selalu bersikap ramah dan murah senyum. Jangan ragu untuk mengucapkan selamat pagi kepada anggota keamanan, resepsionis, dan rekan kerja saat pertama kali tiba di kantor. Apabila diajak untuk berkeliling kantor bersama staf HRD, jangan ragu untuk berkenalan dengan rekan kerja.

 

Menjaga sikap di kantor

 

Tips selanjutnya adalah menjaga sikap selama berada di kantor. Hindari berbicara menggunakan nada tinggi. Sebab, orang yang terbiasa berbicara dengan nada tinggi dan kasar cenderung dicap sebagai orang yang tidak sopan. Biasakan untuk berbicara dengan bahasa yang santun dan tidak memotong pembicaraan saat rekan kerja berbicara. Kemudian, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik.

 

Inisiatif bertanya

 

Saat hari pertama kerja, tidak jarang Anda masih merasa bingung dengan banyak hal. Termasuk salah satunya bingung tentang pekerjaan yang harus dikerjakan. Jangan diam saja, cobalah untuk memberanikan diri dan inisiatif bertanya tentang apa yang harus dilakukan kepada rekan kerja.

 

Hindari bergosip

 

Ada banyak hal yang bisa ditemukan di hari pertama kerja. Salah satunya mendengar gosip yang beredar di kalangan karyawan kantor. Meskipun menggoda, namun pastikan untuk tidak ikut bergosip dan mengomentari apa yang terjadi. Bukannya menjadi akrab, ikut bergosip sejak hari pertama kerja justru akan menciptakan kesan negatif di kalangan rekan kerja.

 

Jalin relasi dengan rekan kerja

 

Anda bisa menjalin relasi dengan rekan kerja saat makan siang bersama. Meskipun sederhana, namun makan siang bersama menjadi momen berbaur dengan rekan kerja supaya lebih akrab. Selain itu, Anda juga bisa menyempatkan waktu untuk berkumpul dan bersosialisasi dengan rekan kerja setelah jam pulang kantor. Pasalnya, nongkrong sambil minum kopi bersama bisa menjadi momen seru untuk mengakrabkan diri dengan rekan kerja yang baru dikenal.