Last update on .

Sebelum membeli produk asuransi, Anda tentu harus memahami betul seluk beluk mengenai produk yang akan dimiliki, termasuk istilah-istilahnya. Salah satu istilah asuransi adalah polis asuransi. Meski asuransi bukan lagi sebuah hal baru, pada kenyataannya ada banyak sekali orang yang kurang memahami seluk beluk dan berbagai hal mengenai asuransi.

 

Salah satu istilah asuransi adalah polis asuransi. Untuk yang masih awam, Anda mungkin bingung apa itu polis asuransi. Karena itu, Karirgogo.com menjelaskan apa itu polis asuransi, fungsinya sebelum membeli salah satu produk proteksi. Ketika membeli asuransi, Anda pun akan menjadi pemegang polis. Setelah itu, Anda akan menerima dokumen polis asuransi.

 

Dengan menyepakati isi polis asuransi, maka sudah ditetapkan perjanjian tertulis mengenai hak dan kewajiban antara Anda dan perusahaan asuransi (penanggung). Polis asuransi adalah kontrak perjanjian tertulis antara perusahaan asuransi dengan nasabah pengguna layanan asuransi. Polis asuransi memuat perjanjian pengalihan risiko, syarat-syarat, dan komitmen kedua belah pihak, termasuk ketetapan pembayaran premi. Polis asuransi merupakan bukti tertulis yang sah dan terikat hukum.

 

Nasabah yang membeli asuransi apapun, kelak disebut pemegang polis. Sehingga bisa dikatakan pemegang polis adalah nasabah yang sudah menjadi tanggungan asuransi dan menyetujui isi polis disebut. Misalnya, dalam dokumen polis asuransi jiwa diberikan keterangan berbagai risiko yang akan ditanggung. Bagi nasabah yang meninggal karena terkena serangan jantung seperti yang ditulis dalam polis, maka perusahaan atau pihak penyedia asuransi jiwa wajib membayarkan klaim kepada nasabah tersebut.

 

Polis menjadi bukti kerja sama dari pemegang polis ataupun perusahaan yang berisikan hak dan kewajiban pihak masing-masing. Pemegang polis memiliki kewajiban untuk membayar premi. Dari situ, dia memiliki hak untuk mengajukan klaim sesuai dengan kesepakatan tertulis di dalamnya. Sayangnya, masih banyak yang tidak mempelajari buku polis asuransi. Padahal, dari buku tersebut bisa diketahui apa saja hak dan kewajiban yang akan diterima oleh Anda.

 

Pemegang polis juga bisa mengetahui beberapa poin penting. Misalnya, ada nilai pengurangan dalam asuransi kendaraan bermotor. Kemudian, dalam contoh polis asuransi kesehatan, terdapat istilah excess atau selisih nominal. Semua kerugian yang terjadi, besar atau kecil diatur dalam polis. Pemegang polis memiliki kesempatan untuk mempelajari atau bahkan menolaknya jika tidak sesuai dengan skema premi yang dibayarkan.

 

Fungsi polis juga termasuk jaminan bagi kedua belah pihak, baik untuk pemegang polis maupun pihak perusahaan. Kerugian yang ditimbulkan, tapi tak diatur dalam polis sudah menjadi tanggung jawab pribadi pemegang polis. Polis asuransi adalah hal yang sangat penting dalam layanan asuransi. Fungsinya sudah jelas, melindungi setiap hak dan kewajiban nasabah serta pihak perusahaan asuransi.

 

Setelah mengetahui apa itu polis asuransi dan fungsinya, Anda dapat melakukan beberapa hal ini: bandingkan premi dengan manfaatnya, pilih perusahaan asuransi dengan kredibilitas terpercaya, dan pilih perusahaan yang memiliki layanan digital. Carilah produk asuransi yang memberikan informasi secara komprehensif dalam satu aplikasi sehingga memudahkan untuk mengecek manfaat, sisa saldo maupun prosedur klaim.