Kampus UMKM Shopee Kelima Didirikan di Yogyakarta

Last update on .

Sebagai bentuk komitmen untuk memajukan UMKM lokal, Shopee menghadirkan Kampus UMKM Shopee di berbagai daerah. Kali ini, bekerja sama dengan Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta, Shopee meresmikan Kampus UMKM Shopee kelimanya.

 

Kampus ini diharapkan dapat mempermudah akses digitalisasi untuk para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dalam satu tahun terakhir jumlahnya terus meningkat. Kampus ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan UMKM DIY untuk mengembangkan bisnis secara digital, dan bisa bersaing.

 

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Paduka Paku Alam X di tengah pandemi COVID-19, UMKM merupakan penggerak perekonomian DIY yang didominasi industri mikro dan kecil sebesar 98,4 persen, serta penyerapan tenaga kerja yang mencapai 79 persen.

 

Hadirnya Kampus UMKM Shopee ini dapat menjembatani kebutuhan UMKM DIY dalam mempermudah dan mempercepat digitalisasi UMKM DIY di tengah banyaknya produk luar yang membanjiri pasaran Indonesia dan DIY.

 

“Besar harapannya, Shopee dapat bersinergi dengan SiBakul Jogja dalam membantu perkembangan ratusan ribu UMKM DIY, sekaligus meningkatkan daya serap tenaga kerja di DIY untuk turut dalam mempercepat pemulihan ekonomi daerah dan nasional,” isi sambutan Gubernur DIY.

 

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta, Srie Nurkyatsiwi juga menyatakan, di tahun 2022 ini, pihaknya ingin membangkitkan kembali semangat lebih dari tiga ratus ribu pelaku usaha UMKM DIY yang terus meningkat secara signifikan berdasarkan data Sibakul Jogja.

 

Oleh karena itu, Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama Shopee, memberikan solusi nyata melalui program edukasi dari hulu ke hilir sehingga mampu meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan menjadi inspirasi bagi UMKM lokal untuk tetap tangguh di era 4.0 ini.

 

Head of Government Relations Shopee Indonesia Balques Manisang memahami bahwa keterampilan digital yang mumpuni menjadi salah satu tantangan bagi UMKM lokal untuk mengembangkan bisnis mereka. Oleh karena itu, setelah hadir di Solo, Bandung, Semarang, dan Jakarta, Shopee membuka kampus kelima di DIY.

 

“Kampus ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak UMKM di wilayah DIY agar dapat naik kelas dengan mudah melalui penerapan literasi digital, bahkan sesederhana memaksimalkan penjualan melalui smartphone. Kami berterima kasih kepada Pemda DIY atas kepercayaan, dukungan dan sinergi yang diberikan untuk dapat bersama-sama mendukung UMKM di DIY melalui Kampus UMKM Shopee ini,” ungkapnya.