Kebiasaan Sepele yang Memicu Anda Jadi Boros

Last update on .

Anda pasti pernah mengalami krisis keuangan di pertengahan bulan. Setidaknya hanya cukup untuk makan dan transport. Itu pun Anda harus amat sangat berhemat. Jika ya, jangan-jangan Anda sering melakukan kebiasaan sepele yang bikin boros keuangan. Jangan sampai Anda sering kalap di awal bulan dan menangis di tengah hingga akhir bulan. Padahal, seharusnya bisa saja Anda tetap happy hingga akhir bulan. Maka dari itu, coba cek beberapa kebiasaan-kebiasaan sepele yang bikin boros di bawah ini. Kalau Anda memang sering melakukan, segera perbaiki ya.

 

Malas membuat catatan pengeluaran

 

Malas mencatat dan membuat catatan pengeluaran merupakan salah satu hal yang bikin boros dan gagal menabung. Selama ini saat Anda acuh dengan pengeluaran, maka Anda akan terus merasa selalu ada uang. Hal tersebut yang membuat Anda terus-terusan berbelanja. Makanya, mulai sekarang jangan malas lagi, ya. Membuat catatan pengeluaran akan membantu Anda melihat seberapa besar pengeluaran.

 

Mudah tergoda promo

 

Ini menjadi kebiasaan sepele tapi membuat seseorang menjadi boros. Karena iming-iming promo, Anda terperngaruh untuk membeli barang yang mungkin tidak Anda butuhkan. Belum lagi dengan promo-promo cashback apabila melalui pembayaran dengan dompet digital. Ditambah biasanya promo kartu kredit yang lebih menggiurkan. Kebiasaan yang mudah tergoda promo inilah yang membuat Anda terus konsumtif dan merasa rugi kalau melewatkannya.

 

Mengejar gengsi

 

Terkadang, lingkungan memang bisa memengaruhi kita. Contohnya untuk pakaian ke kantor. Karena ada teman kantor yang pakai baju keluaran terbaru, Anda tidak mau kalah. Mungkin juga mengejar gadget keluaran terbaru agar tidak ketinggalan. Kebiasaan hanya demi mengejar gengsi itulah yang sebenarnya membuat Anda menjadi boros. Padahal, bisa saja fungsi dari gadget yang selalu Anda ganti itu sama saja. Anda harus membiasakan dan mengutamakan fungsinya