Lima Alasan Mengapa Anda Harus Siapkan Dana Darurat

Last update on .

Di tengah meningkatnya literasi finansial masyarakat, salah satu yang menjadi perhatian penting ialah mengenai kesadaran akan pentingnya perencanaan terhadap dana darurat. Khususnya pada masa pandemi yang belum berakhir, dana darurat merupakan salah satu pos wajib di dalam kehidupan kita. Pasalnya dana darurat akan menjadi sumber dana dalam menghadapi kondisi yang tidak terduga seperti biaya hidup selama mencari pekerjaan baru setelah keluar dari perusahaan yang lama, biaya pengobatan, biaya perawatan pasca kecelakaan, maupun kondisi lainnya.

 

Bagi Anda yang belum memiliki ataupun merencanakan dana darurat, Karirgogo.com akan membagikan sederet alasan kenapa harus memiliki dana darurat. Sebagai tambahan, Anda juga akan mendapatkan cara mudah untuk melakukan penghitungan dalam menabung dana darurat. Apa saja alasannya? Ayo simak di bawah ini:

 

Membiayai kebutuhan saat mendesak

 

Kebutuhan mendesak bisa datang kapan saja. Pada saat pandemi seperti saat ini, kebutuhan mendesak bisa jadi dibutuhkan untuk membiayai penanganan kesehatan ataupun menjadi pengganti pendapatan yang hilang. Pada masa di luar pandemi pun, kemungkinan kebutuhan mendesak pun tidak hilang. Oleh karena itu dengan adanya dana darurat, Anda bisa segera membiayai kebutuhan tersebut tanpa pusing.

 

Mencegah utang

 

Dana darurat yang Anda miliki dapat membantu sebagai pencegahan. Anda idak perlu lagi repot meminjam uang guna memenuhi kebutuhan karena ekonomi yang sulit. Dengan tidak menambahnya utang, artinya Anda bisa terbebas dari kewajiban membayar bunga utang yang tentunya bisa memangkas besar pendapatan sehari-hari. Khususnya pada masa pandemi, adanya pengaturan dana darurat juga bisa menutup lubang kekurangan pendapatan Anda apabila terkena pemotongan gaji ataupun pemutusan hubungan kerja (PHK).

 

Mencegah belanja konsumtif

 

Memiliki pengaturan dana darurat ternyata bisa mengurangi kebiasaan berbelanja dari barang-barang atau jasa konsumtif. Pasalnya, Anda akan mengalokasikan sejumlah dana untuk dialihkan ke rekening dana darurat alih-alih membelanjakannya untuk barang-barang yang di luar keperluan. Dengan kata lain, pengaturan alokasi dana darurat mampu menjauhkan uang dari jangkauan Anda untuk digunakan pada hal-hal yang sebenarnya bukan merupakan kebutuhan utama.

 

Dana masa depan menjadi lebih aman

 

Kepemilikan dana darurat bisa membuat Anda mengamankan harta jika ada kebutuhan mendesak yang perlu ditangani. Adanya dana darurat tidak dipungkiri bisa melindungi tabungan pensiun ataupun anggaran yang telah Anda tetapkan untuk cita-cita di masa depan agar tidak terpakai jika ada kondisi mendesak.

 

Pikiran jadi lebih tenang

 

Bagian terpenting dari dana darurat yaitu bisa memberikan Anda ketenangan pikiran ekstra. Dana darurat yang solid dapat meyakinkan Anda untuk dapat mengelola pengeluaran yang tidak terduga dan karenanya fokus pada pekerjaan Anda saat ini. Selain itu, Anda juga dapat lebih fokus dalam meningkatkan kualitas pada bidang kehidupan lain sehingga mampu semakin meminimalkan tekanan finansial.