Langkah Jitu Atur Keuangan Pasca Overspending

Last update on .

Menjelang pergantian tahun, kebanyakan mal atau pertokoan akan dihiasi tulisan diskon atau sale dengan papan besar. Buat Anda yang memang memiliki hobi berbelanja, pastinya bakal kerepotan untuk menghindarinya. Mungkin saja, pada awalnya Anda hanya ingin melihat-lihat saja, namun biasanya akan berujung dengan berbelanja, karena tergoda dengan harga yang murah.

 

Sebenarnya berbelanja pada saat momen seperti ini memang tidak salah, namun pastikan dulu total pengeluaran Anda masih masuk dalam kondisi keuangan yang telah ditentukan dan jangan sampai overspending. Jika sudah terlanjur overspending, maka berikut ini ada beberapa cara yang bisa membantu Anda dalam mengatur keuangan.

 

Ketahui Posisi Anda Sekarang

 

Saat Anda menyadari bahwa baru saja menghamburkan terlalu banyak uang, maka hal yang wajib dilakukan pertama kali adalah jangan sampai panik atau kebingungan. Tujuannya, agar Anda dapat berpikir jernih ketika merumuskan dan menghitung budget. Khusus bagi Anda yang menggunakan uang tunai, maka Anda bisa mengecek lagi apakah ada tagihan yang perlu untuk dilunasi bulan ini.

 

Setelah itu, lihatlah berapa banyak uang yang diperlukan supaya dapat bertahan hidup di sisa bulan tersebut. Dengan begitu akan dengan mudah mengetahui sejauh mana Anda perlu berhemat supaya dapat bertahan hidup dan mengetahui posisi keuangan sekarang ini.

 

Batasi Pengeluaran Seminimal Mungkin

 

Dengan keadaan keuangan Anda yang minim, maka tekan pengeluaran semaksimal mungkin. Sebagai contoh, bila Anda biasanya mengeluarkan uang untuk layanan pesan antar makanan, maka Anda harus mencoba masak makanan sendiri dan membawa bekal dari rumah untuk makan siang. Selain itu, jika Anda biasanya selalu bepergian dengan menggunakan taksi, maka gantilah pilihan transportasi dengan menggunakan transportasi umum yang lebih ramah di kantong.

 

Relakan Salah Satu Kategori Budget

 

Usahakan melihat pembagian uang Anda di setiap bulannya, apakah ada pengeluaran yang sekiranya dapat dihapus. Misalnya Anda selalu menyiapkan dana khusus untuk hiburan akhir pekan, maka untuk sementara waktu Anda dapat menghilangkannya terlebih dahulu. Jika Anda melakukan overspending, sebaiknya Anda harus korbankan dana hiburan Anda untuk kemudian dikonversi untuk keperluan yang lebih penting.

 

Mencari Pemasukan Lain

 

Jika ternyata sisa uang yang Anda kalkulasi sudah tidak mampu mencukupi kebutuhan sampai waktu gajian, maka solusinya ialah dengan mencari sumber pemasukan lain. Tujuannya agar Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu cara yang paling mudah dalam mencari pemasukan lain adalah dengan menjual barang yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi dan kondisinya masih bagus.

 

Menjadikannya Pengalaman Berharga

 

Kalau Anda sudah pernah mengalami yang overspending, maka akan lebih baik Anda berusaha untuk mencegahnya, agar hal ini tidak terjadi lagi di masa depan. Jika dirasa menahan godaan dalam berbelanja terasa terlalu berat untuk Anda, maka setidaknya Anda harus menyiapkan dana khusus untuk berbelanja di saat seperti ini setiap tahunnya. Sehingga kebutuhan sehari-hari Anda menjadi tetap terpenuhi tanpa ada gangguan.