Tetap Produktif Walau Sedang Jalani Hari Santai

Last update on .

Setiap orang pasti pernah melewati hari yang santai di kantor. Meski tidak sering, hal tersebut memang pernah dialami sesekali waktu. Jika seseorang sedang mengalami hari santai di tempat kerja, biasanya produktivitas pun menurun dan akhirnya bermalas-malasan.

 

Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, maka ada sejumlah cara agar Anda tetap produktif di hari yang tidak terlalu padat pekerjaan. Karirgogo.com telah merangkum beberapa hal yang dapat Anda lakukan tersebut. Mari simak ulasannya!

 

Mengorganisir Pekerjaan

 

Hal pertama yang dapat Anda lakukan ialah memilah-milah email yang masuk. Dari ratusan bahkan ribuan email yang ada tatalah ke dalam folder yang tepat, hapus junk mail, serta arsipkan email yang sudah dikerjakan. Anda juga bisa merapikan file di komputer atau laptop. Bukan hanya akan memudahkan saat bekerja, namun kegiatan tersebut juga dapat menambah daya simpan, serta mempercepat kinerja komputer.

 

Merapikan Meja Kerja

 

Tak sedikit meja kerja karyawan yang terlihat berantakan. Kertas, majalah, brosur, dan sebagainya, akan tetap berantakan di tempatnya selama berbulan-bulan. Jika Anda sedang memiliki waktu senggang, tidak ada salahnya untuk membersihkan dan merapikan barang-barang di meja kerja.

 

Buat Daftar Pekerjaan

 

Merencanakan hal-hal yang harus dikerjakan dari jauh hari adalah cara terbaik untuk membuat daftar tugas sepekan ke depan. Dengan membuat daftar, Anda juga bisa memprioritaskan pekerjaan terpenting yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Oleh karenanya, manfaatkan hari santai Anda untuk membuat daftar pekerjaan di minggu berikutnya.

 

Belajar Keterampilan Baru

 

Gunakan hari santai untuk belajar keterampilan baru, karena proses belajar tidak akan pernah berakhir. Cobalah untuk mempelajari hal baru yang bermanfaat untuk perkembangan karir pribadi. Bahkan dengan mengikuti kelas online atau webinar, Anda pasti akan mendapat berbagai informasi baru serta hal yang bermanfaat.

 

Monitor Perkembangan Karir

 

Membuat daftar kemajuan karir amatlah penting. Oleh karena itu, ketika sedang memiliki waktu senggang di kantor, cobalah melakukan evaluasi mengenai apa saja yang telah Anda pelajari dan yang sudah dicapai sejak memulai pekerjaan hingga sekarang. Coba nilai apakah performa Anda sudah menuju ke arah yang tepat atau belum.