Ragam Kemampuan Diri Untuk Hadapi Perubahan Zaman

Last update on .

Sayang sekali jika Anda memiliki banyak gelar namun belum memiliki kemampuan dalam bertahan hidup. Karena setiap orang tidak memiliki kemampuan untuk memastikan apa yang akan terjadi di masa depan secara pasti. Sehingga kemampuan-kemampuan bertahan hidup yang harus sangat perlu untuk dimiliki.

 

Sebelum masa sulit datang, tentu ada baiknya mempersiapkan diri dulu dengan mempelajari kemampuan-kemampuan dalam bertahan hidup. Dalam artikel berikut, Anda dapat mengetahui dan memahami sejumlah kemampuan bertahan hidup tersebut.

 

Kemampuan menyusun dana pengeluaran

 

Mungkin terdengar sepele, tapi tidak sedikit orang yang gagal menyusun dana pengeluaran secara efektif. Oleh karenanya perlu pedoman yang jelas agar dapat memiliki kemampuan menyusun dana pengeluaran. Pertama, alokasikan gaji Anda dengan ikuti aturan 50/30/20. Intinya, 50 persen gaji buat kebutuhan pokok, 30 persen buat bayar cicilan atau kebutuhan pribadi, dan 20 persen buat dana darurat, asuransi, dan investasi. Kedua, catat setiap pengeluaran yang Anda lakukan dengan bantuan aplikasi pengatur keuangan. Dengan begitu, Anda tahu sampai batas mana habiskan uang. Ketiga, buat daftar belanja bulanan dengan mengurutkan pengeluaran yang perlu mendapat prioritas.

 

Kemampuan public speaking

 

Kemampuan public speaking tentu amat diperlukan orang-orang yang sering tampil di atas panggung. Mulai dari politikus, orator, pembicara, hingga guru maupun dosen. Namun, kemampuan ini juga penting Anda miliki meski tidak berkecimpung di bidang-bidang tersebut. Tentu Anda pernah diminta untuk membuat presentasi dalam pekerjaan. Di sinilah kemampuan public speaking dapat membantu Anda dalam menjalani karir.

 

Kemampuan membaca cepat

 

Memperluas wawasan itu sangat penting. Sebab suatu saat wawasan yang Anda miliki dapat membantu peningkatan karir. Anda hanya perlu membaca banyak literatur atau artikel update yang beredar secara online. Terlebih lagi jika ragam bacaan tersebut ada kaitannya dengan pekerjaan Anda, hal ini bakal amat bermanfaat saat Anda menjadi bekerja lebih efektif dan memberikan hasil yang maksimal. Namun, banyak yang mengeluhkan sulitnya meluangkan waktu buat membaca. Jika Anda juga merasakan hal yang sama, maka Anda perlu mempelajari kemampuan membaca cepat. Dengan membaca cepat, Anda dapat membaca banyak buku dan pastinya ilmu yang didapat lebih banyak.

 

Kemampuan berbahasa asing

 

Saat ini kemampuan berbahasa asing itu amat diperlukan. Bahkan banyak perusahaan yang memiliki persyaratan bagi karyawannya untuk dapat berbahasa Inggris dan Cina. Untuk mengasah kemampuan berbahasa asing, Anda dapat mulai pelajari bahasa asing melalui beragam aplikasi pada ponsel. Cukup luangkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit per hari, maka lama-lama Anda pun akan lancar berbahasa asing.