Ini Cara Mudah Mengatur Gaji Setara UMP

Last update on .

Kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2022 telah ditetapkan oleh pemerintah dengan besaran 1,09 persen. Setiap provinsi punya angka kenaikan UMP yang berbeda. Sebut saja, Provinsi DKI Jakarta masih menjadi daerah tertinggi dengan UMP mencapai Rp4.453.935,536 per bulan.

 

Bagi Anda yang punya gaji setara UMP 2022, tentu perlu mengatur keuangan agar tidak terjebak dalam istilah ‘gali lubang tutup lubang’. Dengan gaji UMP maka harus pintar-pintar mengaturnya. Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tentu Anda juga ingin punya simpanan atau tabungan. Ada dua cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatur gaji UMP Anda agar tetap bisa punya tabungan. Berikut ini dua cara sederhana untuk mengatur keuangan gaji bulanan setara UMP.

 

Hal pertama yang Anda lakukan adalah membuat anggaran bulanan. Kedengarannya memang sepele, sehingga sering diabaikan banyak orang. Padahal membuat anggaran bulanan itu sangat besar manfaatnya. Anda bisa belajar menghitung berapa pemasukan dan pengeluaran, menjaga agar pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan, dan disiplin dengan kebutuhan yang telah disusun.

 

Banyak perencana keuangan menyarankan langkah jitu untuk mengatur anggaran dengan menerapkan metode 40:30:20:10. Caranya, 40 persen penghasilan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, transportasi, tempat tinggal, dan lainnya.

 

Porsi 30 persen digunakan untuk membayar utang seperti kredit kendaraan atau cicilan kartu kredit. Kemudian, 20 persen dikhususkan untuk tabungan, investasi, dan asuransi, dan 10 persen dari gaji digunakan untuk biaya kemanusiaan seperti zakat dan infak.

 

Namun dengan gaji setara UMP DKI Jakarta, apakah ideal penerapan metode tersebut? Jika dirasa metode tersebut sulit, ada alternatif yang lebih sederhana untuk mengatur keuangan yang pas-pasan, yaitu metode 50:30: 20.

 

Caranya, Anda harus memberikan porsi lebih besar untuk kebutuhan sehari-hari sebesar 50 persen dari gaji. Kemudian, 30 persen bisa disisihkan untuk tabungan, investasi, atau asuransi. Terakhir 10 persennya bisa digunakan sebagai dana untuk hiburan atau memanjakan diri.

 

Jadi mengatur keuangan dari gaji setara UMP yang Anda terima ini bukan membatasi Anda tidak bisa bersenang-senang. Anda tetap bisa menikmati jerih payah hasil kerja, tetapi dengan cara yang lebih disiplin dan terencana.