Rahasia Untuk Meraih Kesuksesan dalam Berkarir

Last update on .

Tak sedikit orang yang penasaran, mengapa ada orang yang dapat berada di puncak kesuksesan dan ada juga yang sulit menuju untuk mengarah ke sana. Jawaban buat pertanyaan tersebut sebenarnya cukup simpel namun amat mendasar, yakni etos kerja. Bukan rahasia lagi jika setiap orang sukses punya etos kerja yang luar biasa. Tapi belum banyak yang menyadarii betapa pentingnya sikap tersebut untuk dimiliki.

 

Etos kerja itu membantu Anda untuk menghadapi rintangan yang datang dalam perjalanan karir. Selain menjadi penguat, etos kerja juga menjadi motivasi yang membuat Anda terus melangkah maju buat mencapai tujuan. Pada artikel ini, Karirgogo.com akan membeberkan sejumlah aspek etos kerja yang patut Anda terapkan dalam perjalanan karir.

 

Bersikap profesional

 

Faktanya, bersikap profesional memang senjata yang jitu untuk memenangkan persaingan di dunia kerja. Perusahaan tentu mencari sosok profesional karena dipandang sangat berguna buat mewujudkan tujuan perusahaan. Sebab orang yang profesional tentu dapat dipercaya dalam menyelesaikan proyek-proyek perusahaan.

 

Selalu menunjukkan respek

 

Orang yang selalu menunjukkan respek adalah orang yang paling disenangi. Tak heran kalau orang tersebut disenangi di dunia kerja. Setiap orang pasti merasa berharga karena dirinya mendapat respek. Dengan menunjukkan etos kerja ini, Anda sudah mendorong terciptanya lingkungan kerja yang nyaman yang pada akhirnya mendorong naiknya produktivitas.

 

Selalu bisa diandalkan

 

Jika sudah punya etos kerja ini, tentu karir bakalan gemilang. Bahkan Anda berpotensi sebagai salah satu orang yang layak dipertahankan. Jangan heran jika ada orang yang punya etos ini susah sekali keluar dari perusahaan. Sebab perusahaan selalu menahannya dengan memberi tawaran yang menarik. Menjadi orang yang bisa diandalkan bisa dimulai dari menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik, berinisiatif tinggi dan menjadi problem solver buat setiap masalah yang muncul.

 

Memiliki dedikasi

 

Orang yang dapat diandalkan adalah orang yang punya dedikasi. Orang yang berdedikasi biasanya tidak akan menyelesaikan pekerjaan setengah-setengah, sebab ia tidak akan menyerah sebelum tujuannya tercapai. Orang-orang yang punya etos kerja ini paling berperan dalam kemajuan perusahaan. Mereka mau belajar dan memperbaiki setiap kesalahan yang dilakukan. Tak heran kalau orang yang punya dedikasi selalu unggul dibanding yang lainnya.

 

Terus berusaha sekuat tenaga

 

Demi mencapai tujuannya, orang yang memiliki etos kerja tersebut akan terus berusaha dan enggan berhenti sebelum tercapai. Setiap tantangan yang dihadapi selalu dapat diselesaikan dengan pemecahan yang kreatif dan inovatif. Tantangan tersebut tidak dipandang sebagai beban, sehingga mereka yang memiliki etos kerja ini tentu antusias dalam menghadapi tantangan yang ada.

 

Punya akuntabilitas

 

Akuntabilitas ini dapat disetarakan dengan sikap bertanggung jawab. Jadi, melaksanakan kewajiban dengan tanggung jawab sudah cukup membuktikan kalau Anda mempunyai akuntabilitas. Mengakui kesalahan yang telah diperbuat, sebenarnya sudah cukup membuktikan adanya akuntabilitas dalam diri Anda. Bahkan, kesalahan tersebut dijadikan bahan pembelajaran buat menjadi lebih baik dari sebelumnya.

 

Memiliki skala prioritas

 

Orang sukses pasti punya skala prioritas dalam hidup mereka. Mereka terbiasa membuat perencanaan yang berisi kegiatan apa yang akan dilakukan keesokan hari. Meletakkan pekerjaan paling penting selalu ada di urutan atas. Pada saat yang sama, mereka juga memiliki batas waktu dalam bekerja. Mereka akan disiplin menyeimbangkan kehidupan karir dan sosial. Kesuksesan yang diraih juga karena bisa menyeimbangkan kedua hal tersebut.