Cara Mudah Meniti Karir Cemerlang Sesuai Tipe Kepribadian

Last update on .

Meniti karir yang gemilang tentu bukan perkara ringan dan instan. Banyak hal yang perlu Anda mengerti sebelum bisa betul-betul sukses di dunia karir. Bahkan, kepribadian sesungguhnya memiliki andil besar dalam karir Anda tersebut. Kepribadian menjadii suatu organisasi yang merupakan suatu struktur dan sekaligus proses. Jadi, kepribadian secara teratur selalu tumbuh dan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu.

 

Setidaknya ada empat kepribadian pada manusia yang melekat dan memengaruhi cara hidup mereka, yakni: Sanguine, Choleric, Pragmatic, dan Melancholy. Keempat kepribadian tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika mereka tahu akan kelebihan dan kelemahan, potensi untuk sukses dalam berkarir pun tentu terbuka lebar. Karena mereka mengetahui apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan, sehingga akan melakukan introspeksi diri untuk mencapai sukses. Mari simak penjabaran dari keempat kepribadian tersebut.

 

Sanguine

 

Ciri khas dari tipe Sanguine ialah memiliki kepribadian ekstrovert. Maka kecenderungan mudah bergaul dan banyak bicara serta berjiwa pemimpin harus dipertahankan. Biasanya orang dengan kepribadian ini saat bekerja selalu lebih cekatan dan gesit. Di dalam dunia pergaulan, Sanguine terkenal paling bisa mencairkan suasana.

 

Namun, dengan karakter yang terbuka ini tentu memiliki kelemahan, yakni cenderung teledor dan mudah mengabaikan tanggung jawab. Ada baiknya orang dengan kepribadian Sanguine ini jangan mudah terlena bersama rekan kerja dan mengesampingkan pekerjaan. Jangan pula terlalu terbawa emosi sehingga selalu mengabaikan logika.

 

Choleric

 

Tipe Choleric memiliki kepribadian yang kuat namun cenderung kaku. Kepribadian Choleric selalu dipenuhi semangat dan selalu ingin jadi yang paling unggul. Karena cenderung keras kepala serta berkemauan keras, terkadang membuat mereka menjadi agak otoriter. Dalam dunia pekerjaan, orang yang memiliki kepribadian ini selalu mengutamakan pekerjaan dan mengejar target.

 

Sayangnya, sikap keras kepala tersebut akan sulit menerima pendapat atau kritik orang lain, sehingga berpeluang menimbulkan masalah besar. Untuk meminimalisir timbulnya masalah, maka hindarilah berperilaku bossy kepada rekan kerja dan banyak bersabar, karena semua hal tidak bisa diraih dengan instan.

 

Pragmatic

 

Kepribadian ini biasanya dikenal sabar dan bisa menjadi pendengar yang baik. Sayangnya, sikapnya yang baik dan santai ini membuat mereka cenderung pasif. Kalau kamu ingin sukses berkarier, ada baiknya tidak memiliki kepribadian pasif. Orang dengan kepribadian Pragmatic disarankan bisa belajar lebih aktif untuk meningkatkan daya saing tempat kerja.

 

Dalam menjalani karir, seorang Pragmatic jangan mudah setuju dengan apa yang orang katakan, juga jangan segan menyampaikan pendapat sendiri. Bersikap teguh dan jangan mudah berubah pikiran, serta jangan malu untuk mengekspresikan diri di hadapan orang lain.

 

Melancholy

 

Tipe kepribadian ini biasanya seseorang yang gigih dan tidak mudah menyerah demi mendapatkan hasil sempurna. Karakternya yang cukup teliti, membuat mereka menjadi terbiasa mengerjakan pekerjaan dengan detail menyeluruh.

 

Namun, kelemahan yang sering dialami oleh orang dengan tipe Melancholy ialah cenderung berkutat pada satu hal sama terus menerus tanpa memerhatikan keadaan sekeliling. Ada baiknya, perlu menghargai kemampuan orang lain dengan perbanyak komunikasi dengan mereka agar tidak terjadi salah pengertian.