Mau Sukses di Dunia Kerja yang Semakin Kompetitif? Mari Perhatikan Hal Ini

Last update on .

Sukses di dunia kerja atau perjalanan karir pasti menjadi keinginan semua orang, terutama bagi yang baru saja lulus dari kuliah atau fresh graduate. Namun dalam mencapai titik tersebut tentu diperlukan jerih payah, selain memerlukan tekad yang besar, kemampuan dan keahlian juga menjadi bekal kuat untuk meraih hasil yang maksimal.

 

Dunia kerja ialah kesiapan bagi banyak orang yang baru saja lulus kuliah dan akan memasuki tahap kehidupan baru, yakni meniti karir di perusahaan dengan menemukan kompetisi demi menduduki posisi. Ada beberapa kunci sukses dalam membangun karir, yaitu konsistensi dan penguatan jejaring kerja yang merupakan beberapa kunci untuk meraih kesuksesan.

 

Langkah yang pertama adalah perlunya konsistensi. Kita harus melakukan apa yang telah dilakukan secara konsisten dan menyelesaikan hal-hal yang sudah dimulai. Sebab dengan konsistensi ini akan memberikan dampak pada kedisiplinan dalam dunia kerja yang berimbas pada prestasi maupun pencapaian target yang dicanangkan.

 

Kedua, dengan doa dan rasa syukur. Jangan merasa kecewa jika belum atau tidak mendapatkan yang diinginkan sambil terus berdoa dan mengucapkan syukur. Aspek kedua ini juga menjadi bagian dalam membangun karir, sebab dengan bersyukur akan memberikan dampak pada penghargaan diri atas apa yang dicapai. Akan tetapi agar tidak terjebak dalam posisi ini sebaiknya tidak berpuas diri, karena tantangan di dunia kerja menuntut akan inovasi yang tiada henti.

 

Selanjutnya, perkuat jejaring kerja atau networking. Hal ini akan datang menghampiri kalau kita berprestasi. Orang yang berprestasi akan mendatangkan perhatian dari orang lain dan itu merupakan langkah awal dalam membangun networking yang akan sangat berguna di masa mendatang.

 

Faktor lain yang juga mendukung kesuksesan adalah keberuntungan. Namun, keberuntungan akan lebih banyak mendatangi individu yang bekerja lebih keras. Jangan sampai kita hanya menggantungkan harapan kepada faktor keberuntungan saja, tanpa diiring dengan semangat dan optimisme yang kuat. Perdalam juga diri dengan sejumlah functional skill dan soft skill, agar semakin kompetitif di dunia kerja masa sekarang.