Langkah Sukses Bekerja di Dunia Startup Bagi Milenial

Last update on .

Harus diakui bahwa pertumbuhan perusahaan rintisan berkembang dengan cepat dalam beberapa tahun belakangan ini. Oleh karenanya, banyak orang yang berlomba pengin bekerja di sebuah startup, terutama kalangan milenial. Sebab lingkungan kerjanya yang terbilang lebih modern dan tidak konvensional seperti korporasi pada umumnya. Namun tak sedikit pula orang yang menghadapi masalah saat bekerja di sebuah perusahaan rintisan.

 

Untuk bekerja di dunia startup bukan sebuah perkara yang gampang, banyak hal yang harus didalami agar dapat menguasainya. Untuk bisa cepat melakukan itu, sebaiknya terapkan beberapa kunci sukses berikut, terutama untuk para milenial, agar mampu bekerja secara maksimal.

 

Terus belajar

 

Kunci sukses yang satu ini mungkin berlaku di semua jenis pekerjaan, bukan hanya startup aja. Yang membedakan di perusahaan rintisan mungkin adalah Anda harus terus belajar atas hal baru yang mungkin sebelumnya tidak diperkirakan. Sebab perusahaan rintisan akan terus berkembang mengikuti apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, yang mana masalah baru pasti akan selalu muncul setiap harinya seiring perkembangan zaman.

 

Cepat beradaptasi

 

Bekerja di startup adalah bekerja melawan waktu, jika Anda tidak mampu beradaptasi dengan cepat maka akan menghambat pertumbuhan perusahaan itu sendiri. Otomatis posisi yang Anda isi tersebut mungkin saja digantikan oleh orang yang lebih berkompeten sewaktu-waktu. Bagi Anda yang sulit beradaptasi, dapat berbincang dengan rekan kerja atau teman yang bekerja di tempat lain supaya mendapatkan pencerahan tentang bidang startup yang dijalani.

 

Kreatif dan inovatif

 

Yang dibutuhkan oleh startup supaya berkembang adalah ide-ide kreatif dan inovatif yang bisa memecahkan sebuah masalah. Kalau mudah mengungkapkan kedua hal tersebut, pasti kamu akan mendapatkan perhatian lebih dari atasan kamu. Coba perluas pergaulan kamu agar pengetahuan semakin banyak, dengan begitu nantinya bakal lebih mudah mengeluarkan ide kreatif dan inovatif.

 

Mengikuti tren

 

Perusahaan rintisan akan mengikuti perkembangan yang terus berubah, maka dari itu Anda harus terbiasa dengan pergeseran tren terbaru. Apalagi masyarakat Indonesia terkenal mudah dipengaruhi dengan sesuatu yang viral di media sosial. Kunci sukses ini dapat Anda terapkan dengan update rutin terhadap arus informasi terbaru.

 

Berani kemukakan pendapat pribadi

 

Guna menghindari sebuah perdebatan biasanya kita memilih untuk diam saja ketika berada dalam diskusi. Hal itu sebaiknya dihindari, karena di dunia startup beradu argumen adalah sesuatu yang sehat, agar mencetuskan hal yang baik.