Lakukan Deretan Cara Ini Agar Peluang Karir Semakin Terbuka

Last update on .

Mempunyai karir yang selalu bagus adalah impian semua orang. Namun untuk dapat mencapainya, seorang pekerja harus bisa membuat peluangnya lebih terbuka. Dalam dunia kerja tak jarang memang ada seseorang yang sulit menapaki karir yang baik meski berganti-ganti perusahaan. Di sisi lain ada juga karyawan yang selalu mendapatkan tempat bagus meski berpindah-pindah perusahaan.

 

Jawabannya ada pada terbukanya peluang karir pada masing-masing pekerja tersebut. Untuk bisa membuat peluang karir terus terbuka maka Anda dapat berusaha dengan menjalankan lima cara dari berikut ini.

 

Perjelas Apa yang Anda Inginkan

 

Tak jarang banyak pekerja yang tidak mengetahui apa yang diinginkan dalam menjalankan karirnya. Maka sebelum mengirim lamaran, Anda amat disarankan untuk memperjelas keinginan. Maka cobalah untuk menyusun tujuan karir dalam daftar keinginan. Buatlah lebih detail mengenai tujuan Anda seperti jenis lingkungan kerja dan budaya kerja yang diinginkan, tim yang ingin dimiliki dan hal-hal lain yang dapat membuat bersemangat dalam bekerja.

 

Perbarui Branding Profesional

 

Untuk membuka peluang karir, Anda perlu melakukan pembaruan dalam branding profesional. Untuk melakukan hal ini, Anda perlu memperbarui resume, CV dan beberapa profil di media digital. Tidak hanya profil LinkedIn, Anda juga perlu memperbaiki profil pada beberapa media sosial yang kini memang sering menjadi perhatian perusahaan. Pastikan Anda membuat profil yang sesuai dengan resume serta CV. Lakukan secara konsisten hingga Anda memang dianggap profesional dalam bidang tersebut.

 

Memahami Jenis Pelatihan dan Pendidikan yang Dibutuhkan

 

Selanjutnya, cara untuk membuat peluang karir lebih terbuka yaitu memahami jenis pelatihan dan pendidikan yang dibutuhkan. Anda harus jujur untuk mengakui keahlian yang belum dikuasai untuk bisa melamar pada perusahaan. Dari sinilah Anda dapat mencari jenis pelatihan dan pendidikan yang tepat untuk bisa mengusai keahlian yang dibutuhkan. Meski masih berlangsung pandemi, Anda tetap bisa mendapatkan beberapa pelatihan secara online.

 

Meyakinkan Perusahaan

 

Saat Anda merasa mendapatkan posisi yang sesuai dalam sebuah rekrutmen, Anda harus bisa menyakinkan perusahaan. Meyakinkan perusahaan ini menjadi sesuatu yang lebih penting lagi ketika Anda harus berpindah tempat kerja. Beberapa hal yang dapat Anda andalkan untuk meyakinkan perusahaan adalah skill, pemikiran inovatif, resolusi konflik, teamwork yang mumpuni hingga keahlian berkomunikasi. Jangan lupa bahwa Anda harus bisa meyakinkan perusahaan sejak dalam resume yang dikirim hingga dalam tahap wawancara.

 

Memperluas Jaringan

 

Selayaknya menumbuhkan bisnis, Anda yang ingin menciptakan peluang karir yang selalu terbuka harus memiliki jaringan luas. Semakin banyak dan luas jaringan maka akan semakin besar peluang Anda untuk membuat karir selalu terbuka. Di masa pandemi ini mungkin Anda sulit menjalin hubungan secara tatap muka, namun Anda bisa menggunakan jaringan online untuk melakukannya.