Terapkan Cara Ini Ketika Menjalankan Bisnis Jastip

Last update on .

Pandemi telah membuat segalanya berubah, termasuk perekonomian yang terus merosot. Namun di tengah bisnis yang mengalami kelesuan, ada sebuah usaha yang malah meningkat permintaannya. Usaha yang mendapat peminat besar di masa pandemi ini adalah bisnis jastip atau jasa titip.

 

Saat pandemi, masyarakat memang sangat terbatas aktivitas dan mobilitasnya. Dari sinilah kemudian mereka yang ingin menikmati atau membeli barang tertentu di luar kota atau luar negeri, akan mencari jastip yang terpercaya. Dari sinilah prospek bisnis jastip kemudian menjadi cerah saat pandemi berlangsung. Namun demikian Anda yang ingin menjalankan bisnis jastip ini perlu menerapkan beberapa tips berikut agar sukses.

 

Mulai dari Hal Kecil

 

Langkah pertama jalankan bisnis jastip adalah memulainya dari kuota kecil. Bisa jadi Anda memiliki modal terbatas ketika akan menjalankan bisnis ini. Dari sini Anda tak perlu kecil hati karena tidak sedikit bisnis besar yang dimulai dari modal terbatas. Maka pada bisnis jastip, Anda boleh memulai bisnis ini dari seluruh keterbatasan. Misalnya saja Anda hanya melayani jastip saat punya agenda berlibur saja. Budget yang disediakan untuk jastip juga bisa Anda batasi dulu. Misalnya Anda hanya membatasi permintaan jastip untuk beberapa produk atau beberapa orang saja untuk mengatasi problem budget tadi. Jika nantinya saat sudah punya keuntungan, Anda bisa menambahkan budget untuk jastip berikutnya.

 

Cari Tahu Sebelum Membeli

 

Sebelum mengunjungi kota atau negara untuk berlibur dan melayani jastip, Anda seharusnya terlebih dulu melakukan riset. Riset ini dilakukan untuk mencari tahu oleh-oleh khas atau tempat yang sering dikunjungi wisatawan untuk membeli oleh-oleh. Riset dapat Anda lakukan dengan mengeksplor melalui Google. Dengan melakukan riset terlebih dulu Anda akan mendapat banyak keuntungan seperti mendapatkan tempat jualan yang murah, memiliki deretan produk jastip yang dilayani serta bisa menjadikan agenda tujuan dalam liburan sehingga tidak menguras waktu dan biaya transportasi.

 

Pilih Jenis Produk dan Jalankan Spesialisasi Jastip

 

Ketika Anda menawarkan jastip bisa jadi akan muncul banyak titipan dari berbagai macam produk. Dari sinilah maka Anda perlu mempelajari produk-produk yang biasanya diminati konsumen di tempat tujuanmu. Akan lebih baik lagi jika Anda melakukan spesialisasi untuk jastip yang akan ditawarkan. Seperti misalnya Anda menguasai produk fashion, maka pilih saja bisnis jastip fashion. Dari spesialisasi ini Anda akan lebih mudah untuk menjalankan bisnis jastip. Selain itu dengan spesialiasi ini Anda juga bisa mendapatkan target pasar yang lebih pasti. Tapi spesialiasi jasa jastip ini mungkin bisa Anda dalami ketika bisnis yang dijalankan sudah stabil dan telah mendapat beberapa pelanggan setia.

 

Gunakan Fasilitas Extra Baggage

 

Jika jastip yang Anda tawarkan adalah untuk produk-produk luar negeri, maka fasilitas extra baggage akan sangat membantu Anda. Sebenarnya banyak maskapai penerbangan yang yang memberikan free baggage allowance untuk setiap penerbangannya hingga maksimal 20 kg. Sayangnya kapasitas tersebut terbilang masih kecil bagi orang-orang yang menjalankan bisnis jastip. Dari sinilah maka Anda membutuhkan layanan tambahan bagasi.