Mengatasi Kesulitan dalam Berkarir di Masa Pandemi

Last update on .

Masa pandemi memang belum usai dan masih banyak hal yang belum mudah untuk dilakukan. Tidak hanya bagi pelaku bisnis, para pencari kerja pun merasakan susahnya mendapatkan pekerjaan. Laju perekonomian yang belum stabil, memang membuat beberapa perusahaan mau tak mau menghentikan rekrutmen. Dari sinilah beberapa pencari kerja, terutama fresh graduate mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan karir.

 

Sulitnya fresh graduate mengambil keputusan karir ini dikarenakan oleh beberapa hal seperti kurangnya persiapan, serta kurangnya informasi dan kesulitan dalam penggunaan informasi. Berangkat dari hal tersebut, kemudian perlu dilakukan beberapa langkah agar problem mengenai kesulitan dalam mengambil keputusan berkarir ini dapat segera teratasi. Berikut ialah beberapa cara yang harus dilakukan jika Anda ingin berkarir di masa pandemi.

 

Mengeksplorasi Pilihan Karir

 

Dengan mengeksplorasi pilihan karir, maka yang akan terjadi selanjutnya ialah dilema karir. Dilema karir ini memang sering menjadi penghambat. Maka dari itu Anda harus bisa mendeskripsikan setiap dilema yang ada secara jelas dan mencari penyelesaiannya. Jika Anda melakukan trik ini dengan sungguh-sungguh maka akan muncul gambaran karir mana yang tepat untuk dipilih.

 

Mengidentifikasi Nilai dan Kepribadian

 

Anda memang perlu menyesuaikan dengan jenis pekerjaan yang sesuai dengan karakteristik diri, agar bisa menemukan karir terbaik. Sehingga penting sekali dilakukan identifikasi nilai dan kepribadian. Ketika menjalankan pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian maka tidak akan ada lagi keraguan dari keputusan Anda terhadap karir yang dipilih.

 

Mengidentifikasi Minat dan Keterampilan yang Dimiliki

 

Strategi dalam mengatasi kesulitan dalam membuat keputusan dalam berkarir di masa pandemi adalah dengan mengidentifikasi minat dan keterampilan yang dimiliki. Anda memang akan lebih sulit mencari kerja yang tidak sesuai dengan keterampilan. Maka dari itu pastikan dulu untuk mengetahui dan memahami keterampilan yang dimiliki. Hal ini akan semakin baik bila Anda kombinasikan dengan minat dan kemampuan.

 

Mengumpulkan Berbagai Informasi Mengenai Berbagai Macam Jenis Karir

 

Perlu diketahui bahwa saat ini ditengah pertumbuhan teknologi yang semakin pesat bermunculan beberapa jenis pekerjaan atau karir baru. Anda harus bisa mengenali bebrapa jenis karir atau pekerjaan baru tersebut. Selain itu pahami apa saja yang terkait dalam karir atau pekerjaan itu. Sebut saja seperti persyaratan masuk, prospek, benefit dan tantangan yang ada pada pekerjaan tersebut.

 

Tetap Fokus

 

Untuk menetapkan karir yang terbaik, Anda membutuhkan fokus yang tepat. Agar bisa tetap fokus, Anda dapat memulainya dengan menuliskan tujuan karir yang akan dijalani. Identifikasi tujuan Anda tadi dengan beberapa hal seperti benefit, visualisasikan outcomes dan lainnya. Jangan lupakan juga kekuatan diri untuk menghadapi segala rintangan yang ada pada karir tersebut.