Prospek Karir Yang Akan Banyak Dicari Pasca Pandemi

Last update on .

Dengan kemunculan berbagai jenis vaksin yang bisa menangkal virus corona baru, dunia kini tengah menanti ritme kehidupan kembali seperti sedia kala. Meskipun begitu, tentunya akan ada beberapa perubahan yang terjadi dan salah satunya adalah kriteria pencarian karyawan baru. Pandemi yang tengah dialami telah menyadarkan para pelaku dunia kerja bahwa skills atau keterampilan-keterampilan spesifik sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi situasi-situasi tak terduga di masa depan.

 

Kali ini, Karirgogo.com telah menyusun daftar beberapa keterampilan yang akan banyak dicari pasca pandemi. Dengan mengetahui jenis-jenis keterampilan ini, Anda dapat melatih keterampilan yang relevan untuk meningkatkan prospek kerja di masa depan. Perubahan yang terjadi di masa pemulihan pasca pandemi akan meningkatkan kebutuhan akan jenis-jenis keterampilan spesifik di tempat kerja.

 

Adaptabilitas

 

Banyak perusahaan telah membuat berbagai perubahan dalam sistem kerjanya karena pandemi ini, salah satunya adalah dengan sistem Work From Home (WFH). Pada saat proses pemulihan pasca pandemi dimulai nanti, pasti akan kembali terjadi perubahan untuk menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang berlaku. Jika memiliki keterampilan beradaptasi dengan cepat, Anda akan bisa tetap menjalankan pekerjaan walaupun sedang berada dalam situasi yang kurang ideal.

 

Kelebihan lain dari memiliki tingkat adaptabilitas yang tinggi adalah Anda akan selalu siap diberikan tanggung jawab atau tantangan baru. Dari tantangan baru ini, Anda bisa belajar banyak hal yang mungkin akan membuka jalan untuk promosi jabatan

 

Komunikasi

 

Saat ini, banyak perusahaan tengah menelusuri wacana untuk meneruskan program work from home (WFH) pasca pandemi. Hal ini berarti kemampuan komunikasi akan sangat penting di masa mendatang. Dengan kemampuan tersebut, maka kejelasan informasi - baik via telepon, email, ataupun pertemuan virtual - akan tetap terjaga dan bisa menambah laju produktivitas.

 

Kecerdasan Emosional

 

Penyesuaian pasca pandemi tentunya akan membawa berbagai permasalahan baru.  Karena itu, dunia kerja pasca pandemi sangat membutuhkan karyawan yang bisa memahami orang lain dengan baik serta mampu menjalin hubungan yang positif. Hal ini bisa dicapai oleh orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional, karena mereka dinilai bisa menunjukkan empati terhadap karyawan lain atau relasi kerja yang tengah mengalami kesulitan.

 

Berpikir Kritis

 

Selama pandemi ini berlangsung, telah terjadi lonjakan kemunculan berita hoax dan informasi yang menyesatkan. Jadi tak mengherankan kalau semua perusahaan membutuhkan orang-orang yang bisa berpikir secara kritis saat memilah informasi dari berbagai sumber. Dengan begitu, pihak perusahaan bisa mendapatkan informasi yang tepat dan relevan untuk digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

 

Negosiasi

 

Melambatnya perekonomian dunia pada masa pandemi telah mengakibatkan persaingan yang ketat antar berbagai badan usaha. Karena itu, karyawan yang terampil bernegosiasi akan banyak dicari pasca pandemi. Kemampuan ini dibutuhkan untuk berunding dengan berbagai mitra perusahaan dengan tujuan menekan pengeluaran dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

 

Kreativitas

 

Kreativitas telah menyelamatkan banyak badan usaha selama pandemi. Hal ini terlihat dari bagaimana badan-badan usaha yang umumnya tetap bertahan adalah badan usaha yang bisa mengalihkan produk atau layanan mereka ke ranah virtual atau membuat produk-produk baru yang dibutuhkan masyarakat luas. Kreativitas seperti ini akan sangat dibutuhkan di masa depan, karena telah terbangun kesadaran akan pentingnya inovasi untuk mengatasi situasi-situasi tak terduga.