Cara Mudah Perkenalkan Diri di Lingkungan Kerja Baru

Last update on .

Untuk sebagian orang, pindah ke kantor baru mungkin menjadi hal yang menyenangkan karena menduduki jabatan yang lebih baik. Namun, ada kalanya Anda harus menyesuaikan lingkungan kerja yang belum tentu cocok dengan kepribadian diri sendiri.

 

Bekerja di satu perusahaan dari awal hingga akhir karir mungkin menjadi dambaan banyak fresh graduate yang lagi mencari pekerjaan hari ini. Selain tidak perlu pusing memikirkan CV dan surat lamaran kerja, menjadi pegawai dalam jangka waktu yang lama umumnya bakal mendapatkan uang pesangon yang banyak.

 

Namun pada kenyataannya impian tersebut seringkali kandas karena berbagai macam kendala mulai dari gaji yang stagnan sampai jenjang karir yang tidak jelas di masa depan. Oleh karena itu, terpaksa harus pindah dan menyesuaikan lagi dengan kondisi kantor yang baru. Berikut sejumlah tips memperkenalkan diri di lingkungan kerja yang baru.

 

Inisiatif untuk memperkenalkan diri lebih dulu

 

Sebagai pendatang baru, sudah sepantasnya Anda melakukan inisiatif untuk memperkenalkan diri di lingkungan kerja yang baru. Hal ini bertujuan untuk memperlihatkan antusiasme Anda bekerja sama dengan rekan kerja satu departemen maupun yang lainnya. Selain memperlihatkan antusiasme kerja kamu, langkah ini juga sekaligus memberikan impresi terhadap pribadi Anda yang terbuka dan ramah.

 

Menanyakan struktur organisasi perusahaan

 

Menjadi orang baru yang bekerja di sebuah perusahaan, tentunya Anda harus mengetahui struktur organisasi kantor mulai dari jabatan yang paling tinggi hingga yang paling bawah. Cara ini mungkin akan lebih cocok Anda tanyakan kepada pihak personalia karena memiliki tugas langsung untuk mensosialisasikannya.

 

Mengingat nama teman di tempat kerja baru

 

Aspek ini sangat bermanfaat agar Anda dapat menjadi teman yang akrab dengan seluruh karyawan kantor. Dengan mengingat nama rekan kerja, obrolan Anda dengan lawan bicara akan jauh lebih cair dan lebih enak untuk didengar. Keuntungan lainnya yang Anda dapatkan adalah waktu untuk bisa nimbrung dan ngerumpi bareng relatif lebih cepat.

 

Mengajak makan bareng

 

Cara berikutnya agar Anda bisa makin akrab dengan lingkungan kerja yang baru adalah mengajak makan atau mengopi bareng rekan kerja selepas jam kantor. Mengobrol masalah kerjaan dan berbagi cerita tentang masalah kantor bisa membuat suasana menjadi lebih cair. Tidak perlu ke tempat yang mahal-mahal, Anda dapat mencari tempat yang harganya relatif terjangkau tanpa harus mengorbankan isi dompet.