Sukses Memulai Pekerjaan Freelance

Last update on .

Semakin berkembangnya teknologi internet, tentu akan merubah gaya hidup serta ekonomi dunia secara keseluruhan. Banyak pekerjaan yang sudah tergantikan dengan adanya teknologi baru. Namun, juga banyak pekerjaan baru yang lahir akibat teknologi internet. Salah satunya ialah melakukan pekerjaan freelance.

 

Freelance adalah jenis pekerjaan yang biasa dikenal dengan nama pekerja tenaga lepas, artinya perusahaan akan membayar freelancer sesuai dengan proyek atau pekerjaan yang disetujui kedua belah pihak. Anda bisa menjadi pekerja freelance Full-Time yakni pekerja freelance yang memang bekerja full untuk pekerjaan freelance tanpa terikat kontrak atau menjadi pekerja tetap di suatu perusahaan. Pekerja freelance adalah suatu pekerjaan yang banyak diminati karena memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi dan dapat dilakukan di mana saja.

 

Kerja Freelance adalah bekerja mandiri untuk mencari nafkah yang dilakukan dengan cara bekerja sama dengan klien atau perusahaan untuk menyelesaikan proyek atau pekerjaan dalam kurun waktu tertentu. Profesi ini juga dapat disebut sebagai seorang pengusaha mandiri, pekerja lepas, atau wiraswasta. Ia bekerja seorang diri, tapi melayani banyak perusahaan sekaligus.

 

Secara sederhana, pekerjaan freelance adalah kontraktor independen yang dibayar untuk setiap proyek atau suatu pekerjaan yang dilakukan. Berdasarkan prinsip ini, freelancer tidak diwajibkan untuk melaksanakan kemauan klien atau pemberi kerja jika tidak sesuai dengan harga atau kemampuan freelancer tersebut yang tentu berbeda dengan pekerja full time, karena harus memenuhi setiap permintaan atasan atau perusahaan.

 

Berikut merupakan beberapa ciri utama seorang freelancer:

 

Pemilik bisnis

 

Freelancer akan menganggap dirinya sebagai seorang pemilik bisnis, atau seorang wirausaha yang sebenarnya adalah pekerja lepas. Hal ini dapat terjadi karena pekerjaan freelance memiliki waktu kerja yang lebih bebas dan fleksibel layaknya pemilik bisnis. Jika Anda merasa sudah cukup menerima proyek tertentu, Anda bisa menolak pekerjaan lain yang datang.

 

Orientasi produk

 

Pekerjaan freelance tidak melihat pekerjaan sebagai layanan yang diberikan kepada penawar jasa tertinggi. Sebaliknya, freelancer melihatnya sebagai produk. Yang dimaksud dengan hal ini adalah sebagai pekerja lepas, Anda bebas memilih untuk bekerja dengan siapapun tanpa perlu memikirkan tentang penawar jasa tertinggi.

 

Selalu ingin memberikan hasil terbaik

 

Freelancer selalu ingin dapat meninggalkan kesan baik kepada pemberi kerja sehingga selalu berupaya untuk mencapai level tertinggi dalam pekerjaannya. Seorang freelancer yang memiliki integritas tentu ingin menghasilkan karya yang berkualitas dan maksimal, Pasalnya, hal ini juga dapat berguna untuk masa depan karirnya.