Cara Cepat Cari Kerja Setelah Lulus Kuliah

Last update on .

Setelah menyelesaikan kuliah, fokus selanjutnya dalam hidup adalah bagaimana cara mencari kerja. Jika Anda ingin segera dapat pekerjaan, ada beberapa cara mencari kerja yang bisa diterapkan. Seiring dengan meningkatnya peran teknologi, cara mencari kerja sekarang makin mudah. Anda bisa langsung menyebar CV melalui internet atau aplikasi-aplikasi khusus pekerjaan.

 

Selain menggunakan cara cepat tersebut, usaha yang Anda lakukan juga berperan penting dalam memperoleh pekerjaan impian. Apalagi, susahnya mendapatkan pekerjaan karena Anda harus bersaing dengan ribuan jobseeker lainnya di luar sana. Nah, bagi Anda yang hendak lulus atau baru saja lulus kuliah, gunakan sejumlah cara cepat ini agar langsung dapat pekerjaan.

 

Perluas koneksi

 

Cara mencari kerja pertama yang bisa dilakukan ialah memanfaatkan waktu Anda sebagai mahasiswa untuk mencari relasi sebanyak mungkin. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat agar Anda bisa mendapat pekerjaan dengan cepat dan mudah.  

 

Tingkatkan skill

 

Selain relasi yang luas, Anda juga bisa meningkatkan skill yang bisa menjadi nilai tambah ketika melamar pekerjaan. Setidaknya Anda harus memiliki skill dasar seperti kemampuan sosial, berbicara di depan orang, bisa bekerja sama dengan tim, kemampuan berbahasa, hingga kemampuan manajemen waktu. Skill dasar ini tentu akan dilirik HRD saat Anda memulai tes atau wawancara.

 

Registrasi diri ke portal pencarian kerja

 

Kemajuan teknologi dengan munculnya internet yang dilanjutkan dengan hadirnya smartphone begitu memudahkan hidup banyak orang. Itu juga yang dirasakan banyak orang saat mencari pekerjaan. Mereka tidak perlu lagi datang dari kantor ke kantor buat menaruh surat lamaran. Ditambah lagi, banyaknya orang-orang yang mencari kerja dimanfaatkan sebagai peluang dengan munculnya portal-portal pencarian kerja.

 

Buat CV yang up to date dan jelas

 

Tanpa disadari banyak jobseeker, terutama yang fresh graduate, tidak lolos seleksi administrasi. Gara-garanya CV yang mereka berikan selain ketinggalan zaman juga tidak memuat informasi yang jelas. Buat bikin CV yang up to date, karena saat ini banyak template CV yang tersedia di internet. Dalam mengisi CV, Anda harus menyampaikan informasi sejelas-jelasnya. Kemudian cantumkan IPK, pengalaman magang, dan usahakan tidak ada kesalahan dalam penulisan.