Pentingnya Perempuan Berkarir dan Punya Penghasilan Sendiri

Last update on .

Budaya patriarki, seperti yang kebanyakan terjadi di kota-kota di Indonesia, telah menjadikan perempuan bekerja itu sebagai hal yang langka. Mereka lebih senang menempatkan kaum perempuan hanya untuk urusan-urusan domestik rumah tangga, seperti mengurus anak, bersih-bersih rumah, sampai memasak.

 

Namun untungnya kini banyak perempuan yang mulai sadar akan pentingnya memiliki penghasilan sendiri. Terlebih kesempatan bekerja untuk laki-laki dan perempuan juga semakin terbuka lebar. Jadi tiada alasan lagi deh buat tidak bekerja.

 

Tidak sedikit pula yang memutuskan untuk berdiam diri di rumah dan hanya mengurus urusan domestik rumah tangga. Karena dinilai lebih mudah, lebih tidak menguras tenaga, dan lebih nyaman. Sepertinya perempuan yang berada di golongan ini perlu tahu beberapa alasan mengapa perempuan bekerja dan menjadi mandiri secara finansial itu penting.

 

Untuk mempersiapkan diri dalam keadaan darurat

 

Keadaan darurat bisa menimpa siapa saja, entah itu keluarga atau individu yang belum berkeluarga. Oleh sebabnya semua orang perlu mempersiapkannya, termasuk para kaum perempuan. Perempuan bekerja dan menghasilkan pendapatannya sendiri tentu akan lebih siap menghadapi situasi-situasi mendesak, seperti misalnya, rumah orang tuanya diterjang bencana, atau tiba-tiba anaknya sakit keras dan uang suami tidak mencukupi, dan kebutuhan-kebutuhan mendesak lainnya.

 

Untuk menghadapi biaya hidup yang terus melambung

 

Tak bisa dipungkiri, biaya hidup di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Badan Pusat Statistik pun terus merekam berapa besaran biaya hidup yang dibutuhkan untuk kebutuhan makanan dan non makanan di seluruh provinsi di Indonesia. Itu baru biaya hidup, belum biaya pendidikan anak yang juga semakin melonjak. Artinya biaya hidup bakalan terus naik ke depannya. Jadi penting bagi setiap perempuan untuk berkontribusi terhadap pengeluaran keluarga dengan bekerja dan tak hanya mengandalkan orangtua atau pasangannya saja.

 

Bisa menjadi panutan keluarga

 

Bisa memberikan contoh yang baik bagi keluarga adalah dambaan semua orang. Bagi wanita, Anda tak harus muluk-muluk menjadi tentara, polisi, atau menjadi pejabat tinggi, cukup bekerja saja, Anda sudah bisa menjadi panutan untuk anak-anak kelak. Perempuan bekerja itu mengajarkan banyak hal tentang independensi seorang wanita, kesetaraan gender, dan mampu menghapuskan bias gender yang tengah terjadi di masyarakat saat ini.

 

Terhindar dari ketergantungan

 

Perempuan juga perlu menjunjung tinggi independensinya di dalam bermasyarakat. Hal ini untuk menghadapi perlakuan sewenang-wenangan terhadapnya. Contohnya yang paling sering terjadi adalah kekerasan fisik di dalam rumah tangga. Jika kekerasan dalam rumah tangga terjadi, dan korban telah independen secara finansial, ia bisa melakukan hal semaunya dan terbebas dari tindak kekerasan itu. Misalnya memutuskan untuk berpisah dengan pasangan dan menjalani hidup sendiri. Hal itu bukanlah masalah, karena ia memiliki penghasilan sendiri dan kehidupannya tidak bergantung dari pasangan.

 

Alasan perempuan bekerja adalah jadi lebih dipandang oleh orang-orang

 

Terakhir adalah Anda jadi lebih merasa dipandang oleh orang-orang khususnya keluarga. Dengan memiliki penghasilan sendiri, Anda mampu memutuskan segalanya tanpa harus bergantung dengan siapapun. Jadi lebih percaya diri menjalani hidup, ketimbang hanya mengurus urusan dapur saja.