Pekerjaan yang Bisa Anda Jalankan di Rumah dengan Bermodalkan Internet

Last update on .

Kehadiran teknologi internet menjadi hal yang patut disyukuri. Para pencari kerja bisa memanfaatkannya untuk mencari kerja. Berkat internet pula, sekarang banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan tanpa harus berangkat ke kantor. Menariknya, sejumlah profesi sudah menerapkan hal ini, membantu orang bisa bekerja di rumah atau istilah populer saat ini work from home (WFH).

 

Bagi dunia kerja, WFH bisa menjadi sebuah keuntungan karena bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya transportasi. Bahkan, WFH kini semakin populer dan banyak digemari bagi orang-orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Bekerja di rumah bisa dilakukan jika Anda memilih pekerjaan seperti yang Karirgogo ulas dalam artikel ini. Mari simak apa saja jenis pekerjaan tersebut.

 

Penerjemah

 

Jika Anda fasih berbahasa asing dan kebetulan sedang mencari pekerjaan, maka menjadi penerjemah adalah jawabannya. Jenis usaha jasa ini memberikan fleksibilitas karena Anda dapat bekerja dari manapun, termasuk di rumah. Tentu Anda akan dibayar lebih kalau punya faktor penunjang, seperti sah dan aktif menjadi anggota himpunan penerjemah dan sudah jadi penerjemah tersumpah.

 

SEO specialist

 

Tanpa harus berangkat ke kantor, seorang SEO specialist memungkinkan untuk menghasilkan uang banyak tanpa harus ke kantor. Tugas seorang SEO specialist yaitu menganalisa, meninjau, dan menerapkan perubahan pada situs web untuk memaksimalkan jumlah orang yang mengunjungi situs tersebut dan meningkatkan penelusurannya di mesin telusur (search engine). Bahkan cukup berbekal laptop dan internet, Anda sudah bisa kerja di rumah sebagai SEO specialist.

 

Editor video

 

Saat ini jasa edit video sedang populer karena semakin merebaknya platform YouTube. Oleh karenanya, jika Anda piawai melakukan editing video, maka kemampuan Anda membuka peluang pekerjaan dan dibutuhkan oleh para influencer. Alat dan bekal pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah ini tentunya laptop atau komputer dan perangkat editing yang mumpuni, tak ketinggalan akses internet yang kuat.

 

Reseller

 

Menjadi reseller dapat dicoba jika Anda ingin bekerja di rumah dengan menjual kembali produk dari supplier dengan menambahkan keuntungan di setiap produknya. Tips mencari supplier yang baik adalah dengan melalui website resmi atau mencari di marketplace yang memiliki harga murah dengan rating yang bagus. Bisa juga menghubungi secara langsung untuk mendaftar dan sistem yang dijalankan. Tanyakan juga, apakah bisa melakukan pembayaran langsung atau di belakang.

 

Dropshipper

 

Sebagai dropshipper, Anda tidak perlu membeli produk, karena cukup menawarkan saja melalui media sosial, website, atau langsung kepada teman. Di saat ada pembeli, Anda cukup menghubungi pihak supplier untuk mengirimkan barang. Kelebihan dari dropshipper dibandingkan reseller adalah adalah minimnya risiko walaupun untungnya memang tidak sebesar reseller.

 

Blogger

 

Anda juga bisa bekerja sebagai seorang blogger, dengan bermodalkan laptop, internet dan hosting. Walaupun Anda bekerja di rumah dan menjadi blogger, Anda berpeluang mendapat keuntungan jutaan Rupiah. Caranya dengan membuat website yang ramai pengunjung dan monetisasi dengan program PPC dari Google AdSense. Selain AdSense, Anda dapat berjualan barang atau jasa di blog yang dibuat. Jangan lupa optimalkan teknik SEO agar website Anda selalu optimal pada mesin pencarian Google.