Ingin Menjadi Blogger? Perhatikan Beberapa Cara Penting Ini

Last update on .

Jika Anda berniat untuk menjadikan blogger sebagai profesi, tak hanya kemampuan menulis saja yang harus diperhatikan agar bisa mendapatkan pemasukan dari lalu lintas pengunjung. Blog tersebut bisa dijadikan aset dan tulisan tadi sebagai produk yang dijual kepada pengunjung.

 

Membuat blog tidak bisa dilakukan sembarang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum terjun menjadi seorang blogger. Jangan sampai pada akhirnya Anda gagal menjadi blogger setelah beberapa bulan pertama. Untuk bisa mendapatkan itu semua, Anda harus paham cara menjadi blogger yang menghasilkan uang dengan menggunakan AdSense.

 

Maka dari itu, membuat blog pun tidak boleh asal-asalan, baik topik, konten, dan promosi harus dipikirkan secara optimal. Mari perhatikan beberapa hal di bawah ini sebelum menjadi blogger.

 

Tentukan topik utama blog

 

Tahap ini sangat penting agar pembaca tahu apa yang sebenarnya ingin Anda suguhkan. Tidak kurang dari 2 juta konten baru yang diterbitkan blog setiap harinya dari seluruh dunia. Lebih dari 70 persen dari blog tersebut hanya mendapatkan kurang dari 5.000 pengunjung per bulan. Biasanya penyebab hal tersebut ialah topik blognya tidak jelas dan berantakan, topiknya tidak menarik, dan blogger tidak menguasai topik yang dipilih. Secara garis besar, penting sekali buat Anda untuk menentukan topik blog terlebih dahulu.

 

Pilih platform blog yang tepat

 

Ada tiga pilihan platform blog yang paling popular yaitu Blogspot, WordPress.com, dan WordPress.org. Jangan lupa perhatikan layanan yang diberikan oleh platform tersebut apakah hosted atau self-hosted. Hosted artinya blog Anda ‘menumpang’ di website si penyedia. Dengan kata lain, Anda tidak punya website sendiri. Sedangkan, self-hosted berarti website tersebut 100 persen milik Anda, dengan syarat Anda harus membayar untuk nama domain dan hosting-nya.

 

Tentukan penyedia layanan hosting dan domain

 

Domain adalah nama tau alamat blog yang Anda buat, sedangkan hosting adalah tempat di mana file blog Anda disimpan. Keduanya menggunakan sistem sewa. Jadi, Anda harus membayar setiap bulan atau tahun ketika menyewa domain dan hosting tersebut.