Kemampuan Inisiatif Dapat Ditingkatkan Melalui Cara Ini

Last update on .

Kemampuan inisiatif adalah melakukan sesuatu atau bekerja tanpa harus diberi tahu terlebih dahulu apa yang harus dilakukan. Melalui kemampuan inisatif tersebut, seseorang tidak akan pernah berhenti belajar dan terus berusaha untuk mengembangkan dirinya. Dalam dunia kerja, ketika Anda menunjukkan inisiatif maka Anda akan lebih mudah memecahkan suatu masalah yang mungkin tidak terlalu diperhatikan orang lain, terus mencari ide-ide yang bagus, dan sebagainya.

 

Kemampuan inisiatif dapat dikembangkan secara sendiri secara bertahap. Dengan inisiatif, dipastikan produktivitas kerja Anda akan meningkat dan kemungkinan besar orang-orang di lingkungan kerja pun akan menyukai sosok kepribadian Anda. Setelah mengetahui pentingnya kemampuan inisiatif, ada sejumlah cara untuk meningkatkannya. Mari simak deretan cara meningkatkan kemampuan inisiatif yang dapat Anda terapkan.

 

Menyusun rencana karir

 

Seseorang yang memiliki rencana karir yang panjang cenderung memiliki inisiatif yang tinggi. Memiliki tujuan karir yang jelas akan membantu Anda dalam meningkatkan rasa inisiatif secara pribadi, terlebih saat hendak mengambil keputusan untuk mewujudkannya.

 

Membangun rasa percaya diri

 

Cara lain untuk meningkatkan kemampuan inisiatif adalah dengan membangun rasa percaya diri. Saat menunjukkan ide dalam tim, terkadang ada rekan kerja yang tidak setuju dengan hal tersebut. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan rasa percaya diri terhadap ide tersebut agar rasa inisiatif semakin tumbuh untuk mewujudkannya.

 

Siap menghadapi tantangan

 

Dalam dunia kerja, tantangan terkadang datang secara tidak terduga. Oleh karenanya, saat tantangan tersebut datang, Anda telah bersiap untuk menghadapinya agar dapat meningkatkan kemampuan inisiatif. Karena kunci untuk sukses dalam menghadapi tantangan adalah dengan terus berinisiatif untuk bertanya, membangun ide, dan banyak lagi. Ketika Anda berhasil menghadapi tantangan dengan baik, hal tersebut akan menjadi inspirasi bagi rekan kerjamu yang lainnya. Tidak hanya meningkatkan inisiatif, tantangan juga dapat membuatmu jadi lebih berpikir kritis.