Kemampuan Inisiatif Meningkatkan Percaya Diri dalam Dunia Kerja

Last update on .

Kemampuan inisiatif sangat penting dimiliki oleh setiap karyawan ataupun orang-orang yang sedang mencari pekerjaan saat ini. Pasalnya, setiap perusahaan menginginkan ide-ide serta hal-hal yang muncul dari karyawannya tanpa perlu diminta terlebih dahulu.

 

Kemampuan inisiatif adalah melakukan sesuatu atau bekerja tanpa harus diberi tahu terlebih dahulu apa yang harus dilakukan. Dengan kata lain, seseorang dengan kemampuan ini sudah pasti banyak akal dan ide. Melalui kemampuan inisatif, seseorang tidak akan pernah berhenti belajar dan terus berusaha untuk mengembangkan dirinya.

 

Ketika menunjukkan inisiatif di dalam dunia kerja, Anda akan memecahkan suatu masalah yang mungkin tidak terlalu diperhatikan orang lain, terus mencari ide-ide yang bagus, dan lain-lain. Pada dasarnya, kemampuan inisiatif juga termasuk ke dalam kemampuan manajemen diri atau self management.

 

Kemampuan ini sendiri dapat dikembangkan secara sendiri secara perlahan-lahan. Dengan inisiatif, dipastikan produktivitas kerja Anda akan meningkat dan kemungkinan besar orang-orang di lingkungan kerja pun akan menyukai sosok kepribadian Anda. Berikut ada beberapa alasan kenapa kemampuan inisiatif dianggap cukup penting untuk dimiliki.

 

Memudahkan setiap pekerjaan

 

Orang yang memiliki inisiatif tinggi selalu berusaha untuk keluar saat ia terjebak dalam suatu kondisi. Misalnya, ia tidak tahu apa-apa terkait proyek yang ditawarkan oleh atasan. Lantas, ia berinisiatif untuk terus bertanya kepada atasan serta mencari tahu cara agar membuat proyek tersebut berjalan dengan lancar. Selain memudahkan dalam bekerja, kemampuan ini juga penting dimaksimalkan saat melakukan kolaborasi dengan departemen lain.

 

Disukai oleh rekan kerja dan atasan

 

Alasan kenapa kemampuan ini penting untuk dimiliki oleh karyawan adalah ia berpotensi disukai oleh rekan kerja bahkan dengan atasannya sendiri. Sebab, orang dengan skill inisiatif yang tinggi akan selalu berusaha untuk mencari ide-ide terbaiknya dalam suatu proyek. Tidak hanya itu, ia akan berusaha untuk mencari jalan keluar dari setiap masalah, dan itu ia lakukan tanpa perlu ada perintah dari atasannya.

 

Berpeluang diberi promosi jabatan

 

Dengan kemampuan inisiatif, Anda berpotensi untuk mendapatkan promosi jabatan dari perusahaan. Karena mereka menilai bahwa Anda memiliki kualitas yang mumpuni dari setiap inisiatif yang Anda eksekusi dengan baik.