Keuntungan Meniti Karir Di Perusahaan Kecil

Last update on .

Menginginkan bekerja di perusahaan besar dan mapan menjadi tujuan kebanyakan para pencari kerja, baik fresh graduate ataupun yang sudah memiliki pengalaman. Tidak bisa dipungkiri, keinginan mereka bekerja di perusahaan besar tentunya tidak terlepas dari harapan mendapatkan gaji besar serta meningkatnya status sosial mereka.

 

Namun, untuk menembus perusahaan besar dan ternama tidaklah  mudah, persyaratan perusahaan yang tinggi dan ketatnya persaingan tentu saja harus dihadapi. Inilah yang mengakibatkan para pencari kerja berkecil hati saat tidak sukses dalam menembus perusahaan besar, dan hanya mampu lolos masuk di perusahaan kecil.

 

Bekerja di perusahaan kecil tidak berarti minus. Justru ada banyak keuntungan berkarir di perusahaan tersebut, terlebih bagi fresh graduate yang mendapatkan pekerjaan pertamanya. Pekerjaan pertama berpotensi menjadi ‘lahan potensial’ bagi Anda, yang mana banyak hal baru bagi Anda, yang tidak ditemui saat Anda menempuh pendidikan. Berikut keuntungan berkarir di perusahaan kecil:

 

Lingkungan kerja yang akrab

 

Sebuah perusahaan dengan jumlah karyawan tidak lebih dari 100 orang, akan membuat Anda cepat akrab dengan personel lainnya. Peluang untuk saling mengenal antar karyawan juga terbuka lebar. Keakraban dan suasana kerja yang terbentuk akan membuat Anda merasa nyaman dalam bekerja. Perasaan nyaman dengan lingkungan sekitarnya akan mempengaruhi produktivitas Anda. Produktivitas yang meningkat dan performa kerja yang baik akan membawa dampak positif tidak hanya bagi perusahaan, namun juga untuk diri Anda sendiri.

 

Sarana menimba ilmu dan menempa mental

 

Manajemen perusahaan kecil seringkali belum tertata dengan baik. Kondisi ini seringkali menuntut personelnya untuk mengerjakan beberapa bidang yang bukan dari bagian jobdesk-nya atau karyawan harus mampu mengerjakan tugas lain. Kondisi ini akan memupuk mental Anda untuk menjadi seorang yang tahan banting. Selain itu, keadaan seperti ini secara tidak langsung akan memupuk pengetahuan dan kemampuan Anda di berbagai bidang pekerjaan. Dan tentu saja ini akan sangat berguna di masa datang untuk bekal dan pengalaman Anda.

 

Mengasah kemandirian

 

Dalam perusahaan kecil seringkali ditemui keterbatasan personel, sehingga tidak ada mentor yang membimbing Anda dalam menjalankan tugas yang diberikan. Tanpa adanya mentor bukan berarti Anda tidak dihiraukan, tapi ini adalah kesempatan bagi Anda untuk mengasah kemandirian. Anda dituntut harus bisa mencari informasi tentang tugas yang diberikan dan banyak bertanya pada senior jika ada hal yang tidak Anda pahami. Sikap mandiri dan tanggung jawab ini akan menjadi kebiasaan yang akan terus tertanam pada diri Anda.

 

Peluang besar untuk berinovasi

 

Dengan skala perusahaan yang masih kecil, maka peluang bagi Anda untuk berinovasi atau membuat terobosan terbuka lebar. Jangan sia-siakan peluang untuk mengasah kreativitas Anda dalam membuat inovasi. Selain itu, jika inovasi yang Anda lakukan memberikan dampak yang signifikan bagi perusahaan tentu saja akan menjadi prestasi tersendiri bagi Anda.

 

Berkesempatan meraih jenjang karir

 

Bekerja di perusahaan kecil justru membuka peluang untuk mengembangkan karir Anda. Selain kondisi perusahaan yang masih dalam proses pengembangan, persainganpun tidak seketat di perusahaan besar. Anda dan perusahaan dalam posisi bersama-sama mengembangkan diri. Sehingga pada saat perusahaan mengalami perkembangan, maka kesempatan Anda untuk mengembangkan karir juga terbuka.