Karakter Mentor Terbaik Untuk Menunjang Bisnis Anda

Last update on .

Mentor adalah orang yang dianggap memiliki pengalaman lebih dalam suatu bidang, dalam hal ini adalah bisnis. Dengan pengalaman tersebut, ia mampu membimbing karena memiliki kebijaksanaan atas pengetahuan dan pengalamannya. Dengan keberadaan seorang mentor, pebisnis tersebut justru akan mengetahui bahwa masih banyak yang perlu dipelajari.

 

Seorang mentor akan mampu membangun cara pandang pebisnis pemula dari perspektif seseorang yang sudah sukses. Anda bisa mendapatkan mentor dari berbagai sosok yang mungkin tidak Anda duga, seperti kolega, rekan kerja, teman, keluarga, atau atasan. Seorang mentor belum tentu merupakan pengusaha sukses yang terkenal.

 

Jika Anda merasa menemukan seseorang untuk dianggap sebagai mentor, jangan ragu untuk mendekatinya. Tanyakan secara baik-baik apakah ia mau menjadi mentor bagi Anda. Jika bersedia, Anda dapat menjalin hubungan baik dengannya. Pastikan Anda mengatakan intensi secara spesifik kepada calon mentor Anda, misalnya bimbingan seperti apa yang dibutuhkan. Sampaikan pula metode bimbingan yang sekiranya cocok, seperti melalui telepon, pertemuan langsung, seberapa intensifnya dalam satu sesi, dan sebagainya.

 

Relasi yang baik terjadi dua arah. Anda juga perlu memberikan nilai lebih kepada mentor Anda. Dengan begitu, kegiatan belajar terjadi bagi kedua belah pihak. Mentor Anda dapat belajar pengalaman baru yang mungkin lebih relevan untuk situasi di masa kini. Anda juga dapat memperluas koneksi mentor Anda melalui jejaring yang Anda miliki.

 

Setelah mengetahui manfaat memiliki mentor, mari kenali lebih dalam mengenai ciri-ciri mentor yang layak dijadikan contoh.

 

Tidak Anti Terhadap Kesalahan

 

Banyak yang menyebutkan pengalaman adalah guru terbaik, termasuk dalam membuat kesalahan. Seorang mentor yang baik tidak akan anti terhadap kesalahan. Melalui kesalahan tersebut Anda dapat belajar tentang apa yang perlu disempurnakan. Mentor mungkin tidak akan menyelamatkan Anda dari kesalahan itu, tetapi memungkinkan Anda belajar menjadi lebih baik dan memberi semangat untuk melakukan yang terbaik.

 

Tidak Merasa Menjadi Pahlawan

 

Seorang mentor mungkin memiliki pengalaman yang jauh melebihi pebisnis pemula. Namun bukan berarti mereka akan merasa jauh lebih unggul daripada Anda yang belum memiliki banyak pengalaman. Mentor yang baik akan berbagi tentang pengalaman dan berbagai pandangan dalam memberikan solusi masalah. Mereka akan mendengarkan Anda, bahkan akan tukar pikiran bersama Anda yang masih pemula.

 

Meminta Anda Terjun Langsung

 

Saat mendampingi, mentor yang baik akan meminta Anda untuk terjun langsung menghadapi masalah. Dengan demikian, Anda tahu persis apa yang dihadapi dan bagaimana mencari solusi yang tepat untuk memecahkan masalah itu. Mentor akan membimbing Anda, tetapi membebaskan Anda untuk berpikir. Cara ini akan membuat Anda berkembang dan menjadi pebisnis yang piawai.