Kaum Milenial Punya Potensi Jadi Wirausahawan Sukses

Last update on .

Berkembangnya dunia digital mendorong para generasi milenial untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Kemudahan dan perkembangan teknologi memberi kesempatan bagi generasi milenial untuk bereksplorasi lebih jauh dibandingkan generasi sebelumnya. Walaupun demikian, masih banyak yang belum memanfaatkan kesempatan tersebut untuk dijadikan sebagai peluang usaha. Tak sedikit dari mereka memiliki rasa takut akan risiko yang dihadapinya ke depan, padahal peluangnya pun juga terbuka lebar.

 

Kemudahan dalam berkomunikasi berdampak pada mudahnya berbagi informasi, ide, serta pemikiran terhadap suatu kondisi tertentu. Kondisi ini mengubah berbagai pola interaksi dalam masyarakat, termasuk membuka peluang untuk berasimilasi.  Keterbukaan tersebut memunculkan suatu ekosistem baru dalam masyarakat. Dibandingkan senioritas, sekarang kreativitas lebih dihargai. Keterampilan memecahkan masalah juga menjadi aset berharga.

 

Salah satu bentuknya adalah sebuah konten dalam sosial media. Tidak peduli berapa umurnya, bagaimana tingkat pendidikannya, asalkan mampu memberikan hiburan atau memberikan edukasi menarik, makin dilirik. Bahkan lapangan pekerjaan baru mulai bermunculan, padahal sekitar 10 tahun lalu tidak ada yang terpikirkan akan ada pekerjaan tersebut. Salah satunya adalah konten kreator, awalnya dinilai sebagai langkah mengekspresikan diri, namun kini jadi alat marketing yang jitu.

 

Menghabiskan waktu untuk membuat meme atau sekedar komik lucu bergambar, kini bisa dicari oleh berbagai perusahaan. Apabila mampu mengembangkan keterampilannya tersebut peluang menjadi wirausahawan pun terbuka luas.

 

Dibandingkan generasi sebelumnya, generasi milenial memiliki beragam perangkat untuk mengembangkan berbagai usahanya sendiri. Mulai dari sosial media, serta beragam kemudahan dari teknologi digital. Guna membentuk motivasi serta membangun kesadaran berwirausaha, tentunya harus dipahami terlebih dahulu potensi-potensi dari generasi milenialnya. Berikut beberapa potensi yang dapat dikembangkan.

 

Sosial Media Sebagai Langkah Awal Pemasaran

 

Perkembangan teknologi informasi kini berkembang menjadi berbagai platform media sosial. Masyarakat bisa membagikan apapun melalui sosial media, mulai dari foto, video, tulisan, hingga berbagai mini blog. Keuntungan menggunakan sosial media adalah adanya tempat sosialisasi dan branding secara gratis. Potensi ini merupakan peluang untuk menjadi wirausahawan sukses yang tidak dimiliki generasi sebelumnya. Anak-anak muda tidak harus menggunakan sosial medianya dengan tujuan usaha. Tetapi bisa menggunakannya untuk mempelajari bagaimana algoritmanya bekerja.

 

Kemudahan Belajar Secara Digital

 

Salah satu syarat mampu menjadi seorang usahawan adalah memiliki keterampilan tertentu. Seperti keterampilan membaca peluang pasar, mendapatkan audiens, hingga memasarkan produknya. Keterampilan tersebut kini dapat dimiliki tanpa harus mengemban kuliah tertentu. Kini telah hadir berbagai lembaga pelatihan dan pendampingan. Terlebih lagi bisa dilakukan secara digital, sehingga tidak harus datang langsung. Selain menghemat waktu, juga mampu menghemat biaya.

 

Transaksi Semakin Cepat

 

Kemudahan bertransaksi juga merupakan salah satu peluang menjadi wirausahawan sukses. Kecepatan ini memungkinkan pembelian berbagai barang baku lebih awal, sehingga produksinya bisa semakin cepat juga. Kecepatan ini memberikan efek signifikan dalam meraih target pasar. Terlebih ketika ada momen-momen tertentu, seperti ketika sedang peringatan hari besar. Seseorang yang menyediakan produk terlebih dahulu, tentunya lebih dikenal oleh pasar.

 

Banyaknya Jaringan dan Komunitas

 

Jaringan dan komunitas memiliki kelebihan dalam mengembangkan usaha. Mulai dari mencari peluang informasi terkait kebijakan baru, atau saling berdiskusi mengenai pemecahan beragam masalah tertentu yang dihadapi. Selain itu, melalui komunitas tersebut memungkinkan untuk mencari mitra bisnis yang sesuai. Dengan kesempatan berbagi pemikiran, sudut pandang akhirnya mampu saling tertarik mengembangkan idenya bersama.  

 

Pendidikan yang Lebih Baik

 

Pendidikan akan menghasilkan pola pikir serta keterampilan dalam memecahkan masalah. Kurikulum anak muda kini telah mengalami berbagai penyesuaian, mengikuti tantangan serta perkembangan global mengenai teknologi. Tentunya dengan mengemban pendidikan saat ini secara serius, akan mampu membentuk pribadi yang kompetitif. Tentunya ini adalah modal awal yang baik ketika ingin menjadi seorang wirausahawan sukses. Selain pendidikan formal, juga terdapat berbagai pendidikan non formal. Dengan demikian, berbagai keterampilan dan pengetahuan lebih mudah digali.