Ini Deretan Keterampilan Mutlak Seorang Commercial Manager

Last update on .

Berjiwa entrepreneur, optimis, dan memiliki kemampuan untuk memimpin tim, itulah sifat yang bisa menggambarkan sosok commercial manager. Seorang commercial manager adalah sosok yang mengarahkan dan mengawasi aspek-aspek komersial, termasuk pengembangan produk, mengidentifikasi peluang pasar baru, menentukan harga serja memimpin pemasaran. Ia juga mengembangkan hubungan dengan klien, membuat proposal bisnis dan penawaran.

 

Commercial manager merupakan ahli di industrinya dengan pengalaman bertahun-tahun di bidang tersebut. Banyak yang memulai karirenya di posisi entry-level dan kemudian secara bertahap naik ke posisi commercial manager. Profesi ini juga dapat berasal dari industri serupa lainnya, lalu mentransfer keterampilannya saat ia mempelajari lebih lanjut tentang industri baru. Persyaratan minimum untuk pekerjaan ini umumnya adalah gelar sarjana dalam bisnis, pemasaran, atau bidang lain yang berkaitan dengan perdagangan.

 

Commercial manager bekerja di bawah tekanan tinggi, penuh dengan target dan tenggat waktu. Selain dituntut untuk membawa profit kepada perusahaan dalam periode waktu tertentu, angka juga menjadi sangat mendominasi indikator keberhasilan profesinya. Tentu ada sejumlah keterampilan yang mutlak dimiliki oleh seorang commercial manager, mari simak penjelasannya di bawah ini:

 

Memahami tren pasar

 

Commercial manager harus memiliki pemahaman yang baik tentang keadaan dan tren pasar di industri saat ini. Ia juga harus terus memperbarui pengetahuan ini, termasuk mengikuti undang-undang dan peraturan kontrak terbaru yang berlaku.

 

Memahami administrasi keuangan

 

Commercial manager sering berurusan dengan tugas keuangan administratif, seperti mengawasi pendapatan. Oleh karena itu, ia perlu memahami administrasi finansial dengan baik.

 

Keterampilan interpersonal

 

Seorang commercial manager tentu harus mengembangkan hubungan dengan klien dan titik kontak eksternal. Kemampuan komunikasi ini juga penting dalam melakukan negosiasi kontrak dengan klien, vendor maupun kontraktor. Termasuk memenuhi tenggat waktu untuk proyek dan tugas yang sedang digarap.

 

Mampu bekerja dalam tim

 

Commercial manager biasanya bekerja sebagai bagian dari tim dan berkolaborasi erat dengan departemen lain. Oleh sebabnya, kemampuan untuk bekerja sama dengan baik dengan orang lain merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki.