Kenali Profesi Sebagai Seorang Commercial Manager

Last update on .

Apakah Anda pernah mendengar profesi seorang commercial manager? Commercial manager adalah orang yang bertanggung jawab atas pertumbuhan bisnis di dalam tubuh perusahaan. Ia bertugas mengidentifikasi aspek industri yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Seorang commercial manager bertanggung jawab atas tim yang bekerja untuk mengembangkan bisnis baru serta mencari peluang untuk membantu perusahaan tumbuh berkembang.

 

Peran utama seorang commercial manager ini meliputi manajemen keuangan proyek, negosiasi dan persetujuan kontrak dan verifikasi kinerja karyawan. Ia pun perlu memiliki keterampilan manajemen risiko yang baik serta kemampuan pelaporan finansial bagi perusahaan. Berikut ialah sejumlah tugas seorang commercial manager:

 

Mengembangkan relasi dengan klien

 

Pekerjaan ini bertugas membangun hubungan dengan klien untuk membuat kontrak baru. Seorang commercial manager juga bertanggung jawab mengembangkan hubungan yang kuat dengan berbagai departemen dalam perusahaan untuk memastikan setiap orang bekerja menuju target dan sasaran yang sama.

 

Menyusun rencana bagi pertumbuhan bisnis

 

Mengembangkan rencana strategis untuk mendorong pertumbuhan bisnis merupakan tugas rutin dari profesi ini. Sosok tersebut bertanggung jawab melakukan analisis untuk membuat rencana tindakan yang didasarkan pada data dan statistik, termasuk menjabarkan hasil terhadap target.

 

Mengembangkan panduan penetapan harga

 

Perencanaan dan penganggaran keuangan merupakan aspek penting dari pekerjaan ini. Oleh karenanya, seorang commercial manager bertugas mengembangkan penilaian risiko dan struktur harga untuk produk yang akan digunakan untuk upaya komersial.

 

Mengawasi langsung vendor dan kontraktor

 

Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk mengawasi staf, pemasok, dan kontraktor untuk memastikan bahwa deadline pun dipenuhi. Jika masalah muncul dengan kontraktor, ia yang akan bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah secepat mungkin, supaya tidak mengganggu jadwal produksi.

 

Memantau regulasi

 

Commercial manager memiliki tanggung jawab untuk memastikan pemangku kepentingan mematuhi dan memahami kewajiban kontrak. Ia juga bertugas menilai risiko dan membuat rekomendasi berdasarkan analisis dari semua faktor yang mempengaruhi situasi bisnis.