Etika Melamar Kerja Melalui Orang Dalam

Last update on .

Biasanya melamar kerja lewat orang dalam jauh lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan kerja dibandingkan mengikuti proses seleksi. Sayangnya, hal ini memiliki konotasi negatif dan erat dihubungkan dengan nepotisme. Namun, memiliki koneksi yang baik memang dianjurkan untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda.

 

Koneksi tidak hanya membantu Anda untuk mendapatkan kerja saja, tapi juga dapat membantu perusahaan untuk mempekerjakan karyawan dengan kemampuan terbaik. Menggunakan koneksi untuk mendapatkan wawancara kerja berarti Anda akan memasuki proses perekrutan dengan hubungan dan tingkat kepercayaan yang baik dengan perusahaan. Lantas, bagaimana etika melamar kerja melalui orang dalam? Berikut Karirgogo.com akan memberikan hal-hal yang perlu diketahui jika ingin melamar kerja lewat orang dalam.

 

Pahami koneksi Anda

 

Melamar kerja lewat orang dalam akan lebih mudah jika Anda telah mengenal secara personal dengan koneksi tersebut. Hal yang terpenting dalam koneksi adalah seberapa baik Anda terhubung dengan koneksi tersebut. Semakin erat dan personal ikatan antara Anda dan setiap koneksi, semakin berharga.

 

Mengumpulkan kartu nama dan kontak berbagai orang yang Anda kenal dalam pekerjaan saja tidaklah cukup. Anda harus menjalin hubungan yang cukup dekat sehingga dapat membangun koneksi yang kuat. Dengan begitu, ketika Anda melamar kerja, mereka bisa memberikan impresi yang baik di dalam rekomendasi.

 

Hargai koneksi Anda

 

Memiliki banyak koneksi secara profesional bukan berarti Anda dapat bebas memanfaatkan mereka untuk kepentingan Anda. Sebisa mungkin, hindarilah membicarakan masalah-masalah yang bersifat personal dengan kolega Anda. Hargai batasan-batasan personal sehingga Anda tidak terlihat seperti pribadi yang suka ikut campur.

 

Give and take

 

Istilah give and take tidak hanya berlaku dalam hubungan percintaan saja. Istilah ini dapat diterapkan pada hampir setiap bentuk hubungan, termasuk hubungan profesional. Pahami apa yang diinginkan kolega dari Anda, bukan hanya apa yang Anda inginkan dari koneksi tersebut. Idealnya, koneksi terjalin agar dapat saling mendukung dan membantu secara profesional Jika Anda memberikan bantuan yang bermakna bagi kolega, mereka tidak akan melupakannya. Hal itu juga akan memberikan kesan baik yang tidak terlupakan.

 

Ketahui apa yang diinginkan ketika melamar kerja

 

Sebelum menghubungi kolega untuk melamar kerja, ketahui apa yang Anda inginkan dari mereka. Jenis pekerjaan seperti apa yang Anda cari? Lingkungan kerja seperti apa yang ingin Anda temui? Usai Anda menjelaskan hal-hal ini, hubungilah kolega yang menurut Anda paling mungkin dapat membantu berdasarkan preferensi.

 

Tampilkan kesan yang baik

 

Tanpa kesan yang baik, Anda tidak akan memiliki koneksi yang baik. Kesan dan sikap yang baik tidak hanya penting ketika Anda bertemu dengan kolega saja. Hal tersebut juga penting ketika Anda menghadapi wawancara kerja di tempat yang direkomendasikan oleh kolega Anda. Pastikan tetap memberikan kesan yang baik selama proses seleksi kerja walaupun Anda telah direkomendasikan oleh kolega Anda.