Anda Kerja Remote? Pilih Rumah, Kafe, atau Coworking Space?

Last update on .

Sebagai pekerja remote, apakah Anda bingung memilih dan menimbang tempat untuk kerja? Biasanya, pekerja remote bingung menentukan pilihan untuk kerja di rumah, kafe, atau coworking space. Tiap alternatif ini tentu memiliki konsekuensi. Berbagai kelebihan datang pada semua pilihan, bersama dengan kekurangan pula. Lantas, apa saja sebenarnya kelebihan dan kekurangan yang dapat Anda timbang? Karirgogo telah merangkumnya untuk Anda.

 

Kerja di Rumah atau Kos

 

Tentu saja, pilihan tempat kerja remote yang pertama adalah di rumah atau kamar kos saja. Dengan begitu, Anda tidak perlu keluar tempat tinggal dan menghadapi kepadatan kota. Uang Anda juga tak perlu terkuras. Khusus bagi Anda yang introvert maka dapat menyendiri tanpa gangguan dari siapa pun. Anda juga akan memiliki kontrol penuh atas lingkungan kerja.

 

Namun, peralatan di rumah atau kos tak selalu nyaman untuk bekerja. Tidak semua orang memiliki meja dan kursi kerja yang ergonomis. Selain itu, bekerja di rumah bisa memicu masalah keseimbangan pekerjaan dan kehidupan. Belum lagi, banyaknya distraksi dapat menghilangkan fokus kerja Anda.

 

Kerja di Kafe

 

Jika Anda sering kali terdistraksi dan berujung menunda pekerjaan di rumah, pergi ke kafe bisa menjadi pilihan. Karena kafe menjauhkan Anda dari deretan distraksi yang ada di rumah. Selain itu, Anda juga dapat bertemu orang baru dan menjalin networking.

 

Sayangnya, tidak semua kafe ramah dengan pekerja. Walau bisa digunakan sebagai tempat kerja remote, kafe juga biasa digunakan orang untuk berkumpul dan mengobrol. Ini tentu dapat mengganggu produktivitas Anda. Selain itu, Anda juga harus keluar dari rumah, mulai dari bersiap-siap hingga berjalan ke sana. Tak semua tempat duduk di kafe memiliki akses listrik dan koneksi internetnya juga kurang terjamin kualitasnya.

 

Kerja di Coworking Space

 

Ada tempat yang memang diciptakan khusus untuk kerja secara remote, yakni coworking space. Bekerja di coworking space ternyata punya banyak kelebihan. Mulai dari pekerjaan yang lebih terorganisasi, lebih produktif, hingga merasakan kepuasan atas layanan yang ditawarkan. Anda pun dapat bertemu dengan banyak orang dari beragam industri melalui coworking space. Tempat kerja yang ergonomis, koneksi internet yang selalu dijaga, serta akses listrik juga merupakan aspek kelebihannya.

 

Namun, Anda harus mengeluarkan uang untuk menyewa tempat ini. Selain itu, Anda juga tidak bisa mendengarkan musik terlalu kencang, karena mungkin akan mengganggu orang lain di sekitar. Bahkan beberapa coworking space juga punya aturan tidak boleh makan di dalam ruangannya.