Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Startup Founder

Last update on .

Kini banyak sekali orang yang ingin merintis perusahaan startup sendiri. Sebelum merintis sebuah perusahaan startup tersebut, sudah semestinya mereka harus menguasai sederet kemampuan yang harus dimiliki sebagai startup founder.

 

Dalam membangun sebuah startup, bukan suatu hal yang mudah. Tak sedikit perusahaan yang akhirnya hanya bertahan sebentar karena disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya bersumber dari pendirinya sendiri. Sebelum menjadi seorang startup founder, setidaknya sosok tersebut harus memahami kemampuan penunjangnya agar mampu mengatasi kondisi maupun masalah yang akan dihadapi.

 

Berpikiran terbuka

 

Startup identik dengan pergerakan yang selalu berubah-ubah setiap waktu. Menghadapi perubahan dengan berpikiran terbuka adalah suatu kunci kesuksesan dalam membangun sebuah perusahaan rintisan. Tanpa mempunyai kemampuan ini, dipastikan Anda akan berhenti di satu tempat karena merasa ragu untuk mengubah ide dan tujuan. Sebagai contoh, dalam perjalanan startup, ada suatu masalah di mana Anda harus menghadapi krisis ekonomi yang memiliki dampak buruk terhadap perusahaan. Mau tidak mau dalam keadaan seperti itu Anda harus berpikiran terbuka untuk menyikapi keadaan tersebut supaya startup tetap berjalan.

 

Kepemimpinan

 

Kemampuan yang mutlak dimiliki oleh startup founder adalah kepemimpinan. Sebagai seorang pemimpin, Anda diwajibkan mengelola perusahaan serta karyawan dengan bijak. Seorang pemimpin yang baik tidak hanya mengatur bawahannya, tetapi juga berjalan seirama dengan mereka. Cobalah untuk melatih sikap kepemimpinan Anda dengan merangkul orang-orang yang ada di sekitar dengan baik. Startup founder juga harus pandai dalam merekrut anggota timnya. Dengan kemampuan ini, Anda tentu sudah mampu mengindentifikasi kira-kira apa saja yang sedang dibutuhkan tim dan mana yang belum dibutuhkan.

 

Mengambil keputusan

 

Sebagus apapun rencana Anda dalam membangun startup, pada akhirnya akan dihadapkan dengan beragam pilihan yang harus diambil dengan keputusan yang tepat. Kemampuan dalam mengambil keputusan yang tepat, amatlah penting untuk dimiliki oleh startup founder. Karena ada suatu saat di mana Anda harus mengambil keputusan dalam dua atau beberapa pilihan dengan cepat. Bisa jadi keputusan yang Anda ambil membawa perusahaan Anda menjadi lebih baik atau mungkin justru memberi sebuah pelajaran yang berharga.

 

Kreativitas

 

Startup akan bergerak cepat dengan berbagai macam inovasi serta kreativitas yang hadir di dalamnya. Sebagai startup founder, aspek kreativitas juga harus dikembangkan dengan konsisten. Tanpa hal ini, maka Anda berpeluang untuk kalah dengan kompetitor dengan penyampaian produk yang lebih kreatif dan unik.

 

Komunikasi

 

Sebagai seorang pemimpin, startup founder juga harus pandai dalam hal berkomunikasi, baik komunikasi internal maupun eksternal. Karena melalui lewat kemampian berkomunikasi yang tinggi, CEO startup tentu mampu membangun relasi dengan baik ke perusahaan lainnya. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan networking secara profesional.

 

Manajemen

 

Selain kepemimpinan, seorang startup founder juga harus pintar dalam melakukan manajemen. Baik manajemen waktu, keuangan, organisasi, risiko, dan sebagainya. Manajemen waktu dan keuangan menjadi dua hal yang harus diperhatikan secara seksama. Sebab, kedua unsur tersebut sangat penting untuk dimaksimalkan jika ingin mengembangkan startup dengan cepat.