Cara Tingkatkan Etos Kerja Dengan Optimal

Last update on .

Etos kerja sepertinya memang sudah tidak asing lagi. Sikap etos kerja memang penting dimiliki dan diaplikasikan dalam dunia kerja. Etos kerja merupakan sebuah kewajiban dan rasa tanggung jawab seorang pekerja yang dapat dijadikan sebagai salah satu modal untuk bantu meningkatkan karir. Selain itu, etos kerja juga menjadikan dirimu sebagai pribadi yang menonjol dibanding yang lainnya.

 

Etos kerja adalah ciri atau karakter semangat kerja dari seseorang, yang bertujuan untuk mengembangkan suatu kelompok maupun organisasi. Tetapi, sikap ini perlu dimiliki semua orang, agar dirinya pun ikut berkembang. Jadi, etos kerja perlu dibentuk dan dimiliki oleh setiap karyawan. Sebab, sikap ini dapat membantu meningkatkan jenjang karir hingga memberi peluang-peluang baru. Berikut adalah ciri umum etos kerja yang biasanya dimiliki oleh seseorang, berikut adalah di antaranya:

 

Bertanggung jawab

 

Saat ini merupakan era fleksibel, termasuk dalam hal waktu bekerja. Anda bisa bekerja kapan pun, selama semuanya bisa terselesaikan. Dengan punya etos kerja, Anda tetap bisa tanggung jawab terhadap kebebasan, namun dapat menyelesaikan tugas yang dimiliki.

   

Inisiatif

   

Selanjutnya, Anda dapat menyampaikan berbagai ide, baik untuk kepentingan bersama, tanpa harus menunggu diperintah dahulu. Kalau sudah memiliki ciri ini, tandanya Anda peduli terhadap kelangsungan kerja di perusahaan.

   

Kooperatif

   

Punya kemauan untuk bekerja sama. Hal ini penting untuk dapat melihat seberapa baik seseorang bekerja dengan orang lain, berkomunikasi, dan menghadapi tekanan. Sikap ini juga menunjukkan Anda sudah punya etos kerja.

 

Lalu bagaimana cara meningkatkan etos kerja? Bisa jadi hal tersebut cukup membingungkan, apalagi bagi seorang fresh graduate maupun yang belum punya pengalaman kerja. Tapi, ada cara mudah yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan menyelesaikan tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Dan, bagaimana caramu menjalin relasi dalam organisasi.

 

Bagi yang sudah bekerja, supaya etos kerja meningkat, Anda dapat memperbanyak referensi ya. Misalnya, belajar dari tokoh inspiratif, atau mengikuti seminar untuk meningkatkan kemampuan diri.