Deretan Langkah Menabung ala Generasi Milenial

Last update on .

Generasi milenial bisa dibagi dalam dua kategori, yakni yang suka menyisihkan uang untuk ditabung dan yang suka boros. Namun, rasanya yang suka boros itu yang jumlahnya lebih banyak, karena sering tergoda dengan hal konsumtif. Jika Anda belum mulai menabung, maka langkah menabung ala generasi milenial bukanlah sesuatu yang menyulitkan, malah tergolong mudah untuk dilakukan. Berikut ini akan Karirgogo.com sajikan tujuh langkah menabung ala generasi milenial.

 

Menabung menggunakan emas

 

Tips menabung ala generasi milenial ini sangat patut Anda coba. Barang mewah seperti emas atau logam mulia bisa Anda manfaatkan untuk menabung. Memang benar emas ini ada yang menilai merupakan barang investasi, tapi ada juga yang tidak menilai demikian. Namun, dengan menabung menggunakan emas, uang Anda tidak akan tercecer ke hal-hal yang kurang penting.

 

Cara berinvestasi emas adalah Anda membeli emas di harga sedang murah, lalu menjualnya ketika harga sedang tinggi. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan keuntungan. Untuk memiliki logam emas yang jumlahnya banyak bisa Anda usahakan dengan menabung secara rutin.

 

Menabung menggunakan mata uang Dollar

 

Mata uang Dollar Amerika dianggap paling stabil dibanding mata uang yang lain karena menjadi acuan mata uang dari seluruh dunia hingga saat ini. Anda juga bisa menabung menggunakan Dollar Amerika dengan cara menukarkannya dari mata uang Rupiah. Apalagi di Indonesia ada beberapa bank yang menyediakan produk tabungan valuta asing.

 

Namun, penukaran ini sebaiknya dilakukan saat Anda membutuhkan uang saja. Kalau belum terlalu membutuhkan, lebih baik jangan karena hal tersebut hanya akan membuat uang Anda tercecer atau membuat Anda tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak penting.

 

Mencari pekerjaan freelance

 

Jika Anda jeli dalam mencari pekerjaan freelance atau paruh waktu maka Anda pasti akan mendapatkannya. Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tenaga freelance. Pekerjaan freelance yang paling sering dibutuhkan adalah penulis konten dan admin media sosial. Kesempatan tersebut bisa menjadi kesempatan baik untuk Anda yang ingin menyisihkan sebagian uang.

 

Jangan tergoda dengan tren

 

Milenial adalah makhluk sosial yang paling sering tergoda dengan hal yang jadi tren. Ingatlah selalu bahwa barang yang sedang ‘hits’ akan menjadi barang yang biasa saja suatu saat nanti. Daripada barang ini menjadi sesuatu yang tak terpakai, lebih baik penuhi saja kebutuhan Anda terlebih dahulu. Tak perlu membeli sepatu olahraga yang mahal dan sedang tren, padahal Anda sendiri tidak sering olahraga. Tak perlu membeli smartphone keluaran terbaru jika smartphone Anda yang lama masih baik-baik saja.

 

Jangan termakan gengsi

 

Tips menabung ala generasi milenial selanjutnya adalah tidak mengedepankan gengsi di gaya hidup Anda. Percayalah, gengsi bisa merusak semua rencana hemat Anda. Jika Anda tipikal orang yang tidak pilih-pilih makanan, maka Anda tak perlu gengsi untuk makan di tempat yang biasa saja. Tak perlu mengikuti apa yang dilakukan mereka yang menganut hedonisme.

 

Bawa bekal sendiri

 

Walaupun saat ini Anda tinggal bersama orang tua atau kos, ada baiknya membawa bekal karena akan menghemat uang Anda. Dengan membawa bekal, Anda telah menabung tiga ribu hingga lima ribu rupiah setiap makannya. Anda juga bisa memastikan makanan yang Anda sehat dan bergizi karena Anda sendiri yang mengolahnya.

 

Kumpulkan uang kembalian

 

Ada beberapa orang yang membiarkan uang kembalian setelah belanja, baik itu belanja di toko besar maupun toko kecil. Sebaiknya, mulai saat ini kumpulkanlah uang sisa-sisa belanja itu. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa tips menabung ala generasi milenial ini cukup ampuh. Nominal sedikit pasti akan menjadi besar pula apabila dikumpulkan. Setelah mengumpulkan uang kembalian, simpanlah uang receh tersebut di tempat khusus.