Atasi Kelelahan Akibat Pekerjaan Menumpuk

Last update on .

Cara mengatasi lelah bekerja bisa membuat seseorang sulit untuk mengalami peningkatan kinerja. Mengatasi rasa lelah butuh kerja keras dan walaupun Anda telah berusaha menghilangkan penyebab utama rasa lelah, cara mengatasi lelah bekerja justru membutuhkan upaya yang cukup menguras tenaga.

 

Tatkala Anda membiarkan kebiasaan buruk dan kelelahan menghampiri, Anda akan mengalami kesulitan fokus sehingga melupakan hal-hal detail dalam pekerjaan. Akan sangat mudah bagi Anda untuk membiarkan hal kecil lolos begitu saja dan menimbulkan suatu masalah hanya karena Anda sedang kelelahan.

 

Sebanyak mungkin Anda mencoba untuk mengatasi lingkungan dan hal-hal yang dilakukan setiap hari, Anda akan tetap kembali pada kebiasaan. Oleh karenanya, Anda harus sadar dengan tindakan yang dilakukan. Hanya berusaha untuk sadar untuk beberapa tindakan kecil akan sangat berarti sebagai salah satu cara mengatasi lelah bekerja. Mengulang terus-menerus kebiasaan yang baik akan meningkatkan kemampuan untuk tetap fokus.

 

Optimalkan ritme aktivitas melalui siklus tidur yang tepat

 

Salah satu cara mengatasi lelah bekerja adalah dengan meluangkan waktu untuk tidur. Anda dituntut untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun jika kualitas tidur Anda tidak nyenyak, maka Anda harus mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Bisa jadi alasan utama tidur Anda tidak nyenyak adalah karena Anda sedang stres.

 

Untuk itu Anda harus dapat menjaga kebersihan tubuh agar pikiran menjadi bersih dan tidur menjadi nyenyak. Lakukan delapan jam tidur seperti berusaha untuk tidur lebih awal untuk memperbaiki pola tidur Anda. Jangan biarkan stres atau masalah lainnya menghalangi Anda untuk menikmati tidur. Jika Anda sering merasa lelah, biarkan tubuh untuk beristirahat.

 

Melakukan olahraga meski saat berada di rumah saja

 

Selama bekerja dari rumah, kebanyakan orang tidak cukup berjalan apalagi melakukan latihan fisik yang ringan sekalipun. Olahraga ringan dan bahkan hanya berjalan 10.000 langkah sehari, merupakan bagian integral dari kesejahteraan tubuh Anda.

 

Penting untuk melakukan olahraga karena saat Anda berjalan atau berolahraga berat, Anda melepaskan hormon bahagia seperti serotonin dan dopamin. Dan, olahraga mempunyai manfaat yang jauh lebih dari melepaskan kedua hormon tadi.

 

Kurangi kadar kafein yang dikonsumsi

 

Karena cara terbaik untuk mengatasi rasa lelah adalah dengan secara bertahap berhenti minum semua minuman yang mengandung kafein selama kurang lebih 3 minggu. Kafein dapat Anda ditemukan di kopi, teh, soda, minuman energi, serta beberapa obat penghilang rasa sakit dan pengobatan herbal. Usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein sama sekali selama sebulan untuk mengetahui apakah Anda memang membutuhkannya untuk atasi rasa lelah atau tidak.

 

Meditasi sebagai salah satu cara mengatasi lelah bekerja

 

Meditasi mampu mengatasi rasa lelah. Karena dalam bermeditasi, Anda berusaha untuk memfokuskan energi pada apa yang ada di hadapan Anda saat ini. Pikiran yang tadinya penuh akibat jenuh bekerja akan menjadi rileks dan Anda akan mampu bekerja setelahnya.