Cara Jitu Untuk Menabung Setiap Hari

Last update on .

Bagi beberapa orang menabung adalah hal yang menyenangkan, tapi ada kalanya ketika kita ingin membeli sesuatu yang sifatnya mendesak, otomatis harus mengumpulkan uang terlebih dahulu. Salah satunya adalah berusaha untuk menabung setiap hari. Mungkin hal itu terdengar agak sulit dilakukan karena Anda memiliki banyak tanggungan.

 

Menabung di dalam mengelola keuangan memang sangat berguna. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan menabung. Dengan menabung maka Anda dapat belajar untuk hidup hemat. Hal itu sangat berguna untuk mengontrol diri Anda yang tadinya sering berperilaku boros menjadi lebih hemat.

 

Selain itu, Anda tidak akan kebingungan ketika kebutuhan mendesak datang. Tabungan Anda bisa menjadi sesuatu yang menyelamatkan Anda di kemudian hari. Menabung juga bisa membuat Anda jauh dari utang, karena Anda memiliki tabungan yang cukup. Menabung bisa menjadi investasi yang bagus untuk Anda, terutama untuk jangka panjang. Berikut ialah sejumlah cara untuk dapat menabung setiap hari.

 

Melunasi Semua Utang

 

Untuk mudah menabung setiap hari, sebaiknya segera lunasi seluruh utang Anda. Terutama utang-utang yang dibebankan bunga dan punya jatuh tempo. Setelah semua utang bisa dibayarkan, Anda akan lebih leluasa dalam menabung sebab tidak ada beban yang perlu Anda pikirkan.

 

Alihkan Dana Kredit Menjadi Tabungan

 

Kredit memang tidak sama dengan menabung, tapi ketika kredit sudah selesai dilunasi, Anda bisa menabung seolah-olah menganggapnya sebagai kredit. Dengan begitu Anda akan menabung secara rutin seperti Anda membayar kredit di waktu dulu.

 

Prioritaskan Menabung

 

Jangan menganggap tabungan berasal dari sisa uang bulanan. Anda dapat menyiasatinya dengan langsung menabung ketika mendapatkan gaji di hari pertama. Saat itu pisahkan uang tabungan di rekening yang berbeda. Besarnya pun dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

 

Jangan Sepelekan Uang Receh

 

Sering kali oarang mendapat uang kembalian ketika setelah berbelanja dan uang itu dapat digunakan untuk menabung, atau disimpan di celengan. Dijamin tips ini akan membuat Anda jadi lebih rajin menabung.

 

Tahan Keinginan Berbelanja

 

Jangan mudah gelap mata jika melihat diskon besar-besaran. Jika barang diskon itu bukan yang Anda butuhkan, sebaiknya Anda singkirkan keinginan untuk berbelanja. Supaya bisa menabung setiap hari, Anda sebaiknya membeli sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Membuat Asuransi

 

Asuransi tidak hanya penting untuk proteksi, tapi Anda juga bisa berinvestasi dengannya. Anda tinggal memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan imbalan yang Anda sukai. Suatu hari nanti uang hasil asuransi bisa Anda gunakan untuk berbagai macam keperluan. Agar tidak lupa membayar, gunakan fasilitas autodebet dalam asuransi.

 

Simpan Bonus Yang Didapat

 

Apabila Anda mendapatkan hadiah dari undian, uang tambahan dari perusahaan, dan segala macamnya, Anda jangan langsung menggunakannya untuk bersenang-senang. Anda bisa menyimpannya dulu sebagai tabungan untuk masa depan yang lebih baik.