Cara Ubah Stres Kerja Menjadi Hal Baik

Last update on .

Stres kerja biasanya dianggap negatif dan membuat seseorang menjadi lemah tidak berdaya. Mereka menduga jika stres yang dialami disebabkan dari luar, padahal apa yang ada di luar diri bisa jadi bukan menjadi salah satu penyebab stres. Anda mungkin lupa melihat ke dalam diri untuk mengetahui penyebab stres.

 

Sebaiknya, Anda kemudian memproyeksikan semua emosi yang dirasakan pada sesuatu atau orang lain dan mulai mengalihkan kesalahan. Jika Anda memiliki kekuatan untuk memproyeksikannya secara negatif, maka Anda sebaiknya memiliki kekuatan yang sama untuk memproyeksikan sesuatu secara positif. Stres memang tidak enak, namun Anda harus percaya bahwa hal itu juga mampu memberikan motivasi untuk maju.

 

Mengembangkan Kesadaran Diri

 

Sangat penting untuk memandang kehadiran stres sebagai sikap yang berkelanjutan tentang kehidupan dan karir yang Anda ciptakan untuk diri sendiri. Saat Anda berhenti mengharapkan stres pergi dan lebih memilih untuk belajar mengatasinya, Anda akan mulai melihat stres sebagai kunci untuk membuka mata ke mana Anda perlu melaksanakan atau menarik beban pekerjaan agar lebih efektif.

 

Menjadi Individu Kreatif

 

Stres berawal dari apa yang tidak dapat diprediksi. Kita semua pasti memimpikan sesuatu, tapi hidup tidak akan menjadi berwarna tanpa kegembiraan dari apa yang tidak dapat kamu prediksi. Sebenarnya, stres menjadi hal yang penting karena dapat membuat Anda tetap waspada. Anda memiliki kendali lebih saat mampu menggunakan stres secara kreatif.

 

Bertindak Sesuai Prioritas

 

Sukses adalah tentang prioritas. Kalau Anda ingin tahu tugas apa yang harus didahulukan, respons stres yang Anda rasakan akan memberitahu tugas mana yang mendesak dan butuh perhatian lebih dan tugas mana yang dapat ditunda untuk dikerjakan. Begitu Anda mengerjakan pekerjaan yang lebih mendesak, Anda tidak hanya merasa lega, tetapi yang lebih penting lagi, Anda akan merasakan pencapaian yang luar biasa.

 

Berusaha Menemukan Peluang Baru

 

Jika digunakan secara efektif, stres dapat meningkatkan peluang. Jika merasa stres, ada tantangan yang dapat digunakan untuk memotivasi Anda agar bangkit, mengubah arah, menambah pengetahuan, mencoba sesuatu yang baru, serta bergerak melampaui kegagalan untuk menciptakan peluang baru. Tidak peduli dengan tantangan apa yang ada di depan mata, maka tekanan yang datang dari tantangan tersebut dapat digunakan sebagai motivasi.

 

Meningkatkan Kecerdasan

 

Stres kerja telah terbukti meningkatkan kognisi dan aspek tertentu dari kecerdasan individu. Ketika Anda berada di bawah tekanan seperti ini, tidak hanya fokus yang meningkat, tetapi juga kekuatan mental di bidang kapasitas akademis atau profesional. Stres meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat detail ketika menghadapi situasi kritis, di mana pengetahuan dan keterampilan pemecahan masalah sangat dibutuhkan.

 

Hadapi Frustrasi Secara Optimal

 

Anda adalah orang yang paling bahagia dan sukses saat berada di bawah tekanan tingkat frustrasi yang optimal. Cara paling efektif untuk berkembang dalam pengetahuan, keterampilan, atau bakat adalah dengan menempatkan diri dalam tugas atau situasi yang baru atau menantang. Karena pada kenyataannya, perjuangan adalah tempat semua kegembiraan berada. Biarkan perjuanganmu melahirkan inspirasi dan motivasi, bukan frustrasi.

 

Mengembangkan Strategi

 

Stres bertujuan untuk memotivasi Anda untuk dapat melalui peristiwa yang menantang. Jika Anda bereaksi secara impulsif terhadap stres, Anda menciptakan lebih banyak stres untuk diri sendiri dan bahkan masalah yang lebih besar untuk diselesaikan. Agar dapat mengatasi stres secara efektif, Anda harus memperlambat dan memikirkan strategi terbaik untuk mengurangi stres dan memastikan strategi ke depan.