Hindari Sifat Boros Dengan Mengontrol Finansial

Last update on .

Tidak sedikit dari kita yang suka lapar mata dan memiliki kebiasaan boros. Hal ini tidak hanya melanda kaum perempuan saja, karena banyak pula kaum laki-laki juga memiliki sifat yang sama. Kecenderungan lapar mata membuat seseorang semakin boros mengeluarkan uang untuk membeli barang.

 

Perlu diwasapadai, karena kebiasaan ini tak boleh dibiarkan begitu saja. Kalau tidak, maka seseorang bakal sulit untuk menabung. Jika Anda memiliki sifat boros ketika memiliki uang, maka Karirgogo.com mempunyai beberapa tipsa untuk mengatur keuangan.

 

Catat Pemasukan dan Pengeluaran

 

Biasakan mencatat pemasukan dan pengeluaran. Hal ini dapat membuat Anda sadar kondisi finansial dan menghindari keborosan. Jangan lupa buat rencana keuangan dan evaluasi pengeluaran Anda, setidaknya setiap minggu.

 

Hindari Utang

 

Utang untuk keperluan konsumtif harus dihindari. Baik melalui pembayaran kartu kredit maupun cara lainnya. Intinya, hindari utang hanya untuk mengikuti tren dan memenuhi keinginan konsumtif Anda.

 

Acuhkan Diskon

 

Semua orang pasti mudah tergoda dengan tawaran diskon, cashback, atau hadiah ketika belanja. Hal ini memang terlihat menggiurkan, tapi justru dapat membuat kebiasaan belanja Anda makin tidak terkontrol. Mulailah untuk mengacuhkan diskon barang yang belum tentu Anda perlukan. Tahan diri dan cermati barang yang akan dibeli.

 

Menahan Diri

 

Penting untuk menahan diri ketika mengeluarkan uang berlebihan, terutama di awal bulan. Memang, godaan kerap kali datang, apalagi masih setelah menerima gaji. Cobalah untuk prioritaskan hal lain yang lebih penting dan tahan keinginan impulsif Anda.

 

Meminimalisir Jajan

 

Supaya proses mengatur keuangan semakin berjalan lancar, maka kurangi jajan yang dapat menguras uang Anda. Ada baiknya, Anda memasak sendiri di rumah. Hindari pula sering mampir ke minimarket, kecuali jika benar-benar perlu.