Langkah Memilih Jenis Investasi Untuk Para Pemula

Last update on .

Setelah lulus kuliah dan akhirnya mendapatkan pekerjaan impian, tentu membuat hati Anda begitu bangga sekaligus bahagia. Sukses mendapatkan pekerjaan pertama, Anda pun mengalami langsung bagaimana hidup mandiri dan memiliki pendapatan sendiri. Sudah punya gaji, bukan berarti boleh dihamburkan begitu saja. Ada baiknya Anda menyisihkan sebagian gaji untuk digunakan ke dalam investasi.

 

Pada usia yang masih muda, merupakan waktu yang tepat untuk melakukan investasi. Semakin cepat, semakin tinggi pula keuntungan yang dapat diperoleh. Hal ini tentu berpotensi membawa kebaikan di masa yang akan datang. Tetapi, memilih jenis investasi bagi para usia muda bukanlah perkara mudah. Sebab harus pintar dalam memilihnya, agar menghindari salah pilih investasi yang menyebabkan Anda malah merugi.

 

Kenali Jenis Investasi

 

Kini, jenis investasi dibagi jadi tiga macam. Yang pertama ialah investasi jangka pendek yang dapat berupa deposito, saham, forex. Biasanya, investasi jangka pendek tidak memiliki banyak risiko. Jadi, kemungkinan mengalami kerugian pun lebih rendah. Lalu ada investasi jangka menengah, misalnya Obligasi Ritel Indonesia sampai sukuk ritel. Yang terakhir, jenis investasi jangka panjang berupa seperti, emas dan reksadana.

 

Investasi Jangka Pendek dan Menengah, Amat Disarankan

 

Dengan penghasilan yang belum begitu besar, Anda disarankan memilih jenis investasi jangka pendek atau menengah. Nantinya, hasil investasi tersebut bisa digunakan untuk investasi jangka panjang. Anda harus pandai dalam mengatur finansial dalam membeli investasi. Agar untung yang dihasilkan pun dapat maksimal.

 

Kelola Keuangan Agar Investasi Makin Lancar

 

Jangan sampai investasi yang dilakukan malah menyulitkan Anda. Oleh karenanya, Anda harus mengelola keuangan, agar pengeluaran tidak lebih besar daripada penghasilan. Pisahkan biaya operasional dari tabungan. Lantas, tentukan pula berapa besarnya persentase tabungan dari gaji. Anda harus mampu menahan diri untuk membeli barang yang tidak diperlukan.

 

Kenali Investasi yang Aman

 

Jika sudah piawai mengatur keuangan, selanjutnya pilih jenis investasi yang paling aman. Jangan lupa, Anda harus teliti dan sabar dalam memilih jenis investasi tersebut. Apapun jenis investasi yang dipilih, hati-hati dan ketelitian menjadi dua aspek terpenting yang mesti Anda terapkan.

 

Dengarkan Masukan dari Ahli

 

Supaya lebih yakin dalam memilih jenis investasi, ada baiknya Anda mendengarkan saran dari ahli. Anda juga perlu kritis mengenai detail-detail yang dilakukan, pastikan Anda sudah bertanya pada pihak-pihak terkait. Karena dalam berinvestasi, banyak hal yang harus diperhatikan dan bukan hanya soal keuntungan saja.