Dampak Negatif Jika Mengambil Keputusan Buru-Buru di Kantor

Last update on .

Apakah Anda suka terburu-buru atau tidak fokus dalam mengambil keputusan? Sebaiknya kebiasaan ini segera dihilangkan. Dalam kehidupan Anda tentu sering dihadapkan oleh beragam pilihan, apalagi kalau keputusan yang Anda ambil juga berdampak pada kehidupan orang lain.

 

Mengambil keputusan tentu harus dilakukan dengan memerhatikan kondisi serta situasi dari masalah yang sedang dihadapi. Jika terburu-buru dalam melakukannya, tak jarang kondisi tersebut justru membuat Anda mengambil keputusan yang salah. Ada sejumlah dampak negatif yang mungkin dialami jika Anda terlalu gegabah dalam mengambil keputusan.

 

Menyesal di Akhir

 

Jika Anda sering tergesa-gesa dalam mengambil keputusan, maka ada kemungkinan Anda bisa berakhir dalam penyesalan. Tidak berpikir panjang dan tak memikirkan konsekuensi yang ada dapat membuat Anda sering menyesal di akhir. Penyesalan tersebut hanya akan membuat Anda kecewa dan berpengaruh kepada kondisi kesehatan mental.

 

Merugikan Orang Lain

 

Keputusan yang Anda ambil mungkin baik untuk diri sendiri, tetapi belum tentu untuk orang lain. Untuk itu, Anda perlu memerhatikan kembali dampak keputusan yang dipilih terhadap orang di sekeliling. Jangan sampai orang lain menjadi rugi, hanya karena Anda gegabah dalam mengambil keputusan.

 

Menimbulkan Masalah

 

Mengambil keputusan secara terburu-buru hanya akan menimbulkan banyak masalah lainnya. Hal ini sering terjadi, terlebih dalam dunia kerja. Untuk itu, ambilah keputusan dalam keadaan tenang, sehingga hal tersebut tidak menimbulkan efek yang buruk.

 

Orang Lain Meragukan Anda

 

Kebiasaan buruk dalam mengambil keputusan, juga dapat membuat orang lain ragu. Sehingga Anda pun dianggap sebagai orang yang ceroboh dan teledor. Bahkan hal ini dapat mempertaruhkan karir yang sedang Anda jalani.

 

Kehilangan Kepercayaan

 

Orang lain juga dapat kehilangan kepercayaan terhadap Anda, jika Anda sering mengambil keputusan secara gegabah. Kepercayaan yang sudah dibangun akan sia-sia karena sikap Anda tersebut. Jadi, segera perbaiki diri dan ambil keputusan secara tenang, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.