Rintis Bisnis Online Bareng Sahabat Karib

Last update on .

Banyak generasi muda yang senang berbisnis dan semakin menyadari bahwa selain bisa memperoleh untung, berbisnis bisa meningkatkan berbagai skill. Oleh karena itu, generasi muda mulai berpikir untuk membangun bisnis bersama teman atau sahabatnya. Berbisnis bersama sahabat tentu akan menyenangkan. Anda dan sahabat dapat sama-sama belajar dan berkembang dalam dunia wirausaha. Banyak sekali ide bisnis yang dapat coba dan dieksplor. Berikut ialah beberapa contoh bisnis yang mungkin dapat menjadi pilihan bagi Anda dan para sahabat.

 

Dropshipper atau Reseller

 

Kedua bisnis ini sudah banyak diminati banyak orang. Kini kesempatan menjadi reseller atau dropshipper memang mudah untuk diwujudkan. Beragam marketplace sudah menyediakan fitur dropshipper. Tanpa perlu menyimpan barang dan modal, Anda dan sahabat sudah dapat berjualan apa saja. Jika sudah memiliki modal, Anda dapat mencoba menjadi reseller. Belilah beberapa barang dari seller, lalu dijual kembali bersama sahabat Anda.

 

Vlogger

 

Menjadi vlogger adalah usaha bersama teman yang bisa dicoba. Youtube telah menjadi platform yang digemari oleh banyak orang. Kalian bisa mengunggah video sehingga bisa ditonton oleh orang lain. Tentukan topik yang akan kalian bahas dan jadilah unik di antara vlogger lainnya. Misalnya, kalian senang makan, cobalah datang ke tempat-tempat makan dan membuat review. Begitu juga bila kalian senang travelling. Kalian bisa datang ke tempat-tempat wisata.

 

Content Writer

 

Jika Anda dan sahabat punya hobi menulis, kalian dapat memulai usaha atau bisnis sebagai penyedia jasa content writer. Sebelumnya dapat dimulai dengan belajar mengenai SEO dan bagaimana menerapkannya dalam sebuah tulisan. Anda dan sahabat dapat menawarkan jasa dengan membuat akun Instagram atau sebuah situs web. Dengan begitu, Anda dapat menyentuh pasar yang lebih dalam lagi.

 

Desain Grafis

 

Jika kalian piawai dalam dunia desain, maka mulailah bisnis jasa desainer. Di dunia yang serba digital ini, kekuatan visual sangat penting dan lebih disukai. Tidak heran jika banyak orang mencari desain grafis. Untuk berbisnis bersama teman dalam hal desain grafis, kalian harus membuat portofolio online. Hasil karya kalian perlu ditunjukkan dan dipasarkan. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah terjangkau dengan pasar.

 

Penerjemah

 

Menjalankan usaha penerjemah akan selalu terbuka untuk kalian yang mahir berbahasa asing. Meskipun saat ini banyak sekali kamus digital, jasa seorang penerjemah masih sangat dibutuhkan. Kalian bisa memulainya dengan menawarkan jasa penerjemahan artikel, abstrak, atau penelitian yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Jasa ini dapat dimulai dengan menawarkan jasa tersebut ke teman-teman kalian. Jika kualitas terjemahan yang kalian buat bagus, tentu teman-teman kalian akan ikut mempromosikannya kepada orang lain. Jangan lupa, buatlah juga iklan di media sosial kalian supaya bisa menjangkau lebih banyak orang.

 

Website Developer

 

Website atau situs web adalah sebuah platform yang sangat penting. Dengan menggunakan situs web, seseorang bisa menawarkan jasa atau produk yang dijual. Oleh karena itu, hampir semua perusahaan memiliki website. Karena hal ini pula, tentu terbuka kesempatan yang sangat luas untuk menjadi seorang website developer. Jika Anda dan sahabat sangat memahami bidang ini, tentu dapat menawarkan jasa kalian ke banyak orang. Kalian pun dapat saling berbagi tugas dengan teman. Kerja tim dan kekompakan yang baik sangat diperlukan dalam bisnis ini.