Tips Menabung Buat Anda yang Baru Mulai Bekerja

Last update on .

Buat Anda yang baru mulai bekerja, penting untuk mengetahui sejumlah tips menabung yang tepat. Hal ini dapat menghindari Anda dari gaya hidup yang boros. Jika Anda sudah berhasil mendapatkan pekerjaan pertama, pasti Anda merasa senang dan bersemangat. Memang, memulai sesuatu hal yang baru dalam hidup bisa membuat semangat makin membara.

 

Apalagi saat Anda menerima gaji pertama, tentu akan ada rasa kepuasan sendiri. Namun tak jarang hal ini berpotensi menjerumuskan Anda pada keborosan. Pemikiran untuk membeli barang-barang yang diinginkan atau kalap berbelanja tentu sempat terpikirkan oleh Anda. Bagaimana kalau Anda mencoba pikirkan mengenai rencana menabung. Karena kebiasaan baik ini punya beragam manfaat baik untuk Anda, terutama menyangkut masa depan.

 

Jangan Merasa Kaya Setelah Gajian

 

Hampir setiap orang mungkin pernah merasa kaya setelah menerima gaji. Lalu, perasaan tersebut dapat meningkatkan keinginan untuk berbelanja. Anda harus berhati-hati ya. Coba pertimbangkan kembali secara matang. Daripada membelanjakan uang Anda secara berlebihan, ada baiknya uang tersebut ditabung dan jangan lupa untuk kelola uang dengan baik.

 

Sisihkan Uang di Awal Bulan

 

Setelah menerima gaji, sisihkan terlebih dahulu uang untuk ditabung. Setidaknya sisihkan 10 persen dari penghasilan bulanan Anda. Tips menabung ini termasuk cara yang efektif.

 

Susun Target Pengeluaran

 

Tentukan target pengeluaran Anda dalam jangka waktu tertentu. Lalu, tentukan juga berapa uang yang akan Anda keluarkan dalam waktu tersebut. Dengan memiliki target pengeluaran, Anda dapat membuat batasan dan menahan diri untuk berbelanja.

 

Bawa Uang Tunai Secukupnya

 

Punya uang tunai berlebih di dompet mampu membuat Anda makin boros. Jadi, coba hindari hal dengan membawa uang tunai secukupnya saja. Tips menabung ini juga dapat bantu menghindari Anda dari sikap impulsif, terlebih untuk hal-hal yang tidak terencana dan diluar budget. Dengan begitu, Anda pun hanya mengeluarkan uang sesuai kebutuhan.

 

Rekening Tabungan Sebagai Pilihan

 

Banyak orang yang memilih bank sebagai sarana menabung yang aman. Namun, perlu Anda perhatikan, hindari menggabungkan rekening sehari-hari dengan rekening tabungan. Anda perlu akun yang terpisah. Memiliki rekening tabungan dapat meminimalisir kemungkinan terpakainya uang tabungan. Selain itu, Anda juga dapat lebih mudah melihat perkembangan uang tabungan.

 

Hemat Paket Internet

 

Hidup tanpa internet memang mustahil untuk dilakukan. Sebab, ada berbagai aktivitas yang memerlukan internet, mulai dari belajar, bekerja, hingga sarana hiburan. Namun, Anda perlu perhatikan pemakaian internet, karena hal ini juga bisa membuat Anda menjadi boros. Agar lebih hemat, Anda dapat gunakan paket data dengan harga yang relatif lebih murah. Atau menngunakan Wi-Fi gratis yang tersedia di kantor atau tempat umum lainnya.

 

Bawa Bekal dari Rumah

 

Membeli makan siang di luar atau delivery dapat membuat Anda lebih boros. Sebagai alternatif, Anda dapat membawa bekal dari rumah. Selain menghemat, membawa makanan sendiri juga jauh lebih sehat, terlebih di masa pandemi seperti sekarang.