Kenali Cara Kerja Content Creator

Last update on .

Sebagian besar dari Anda, tentu telah mengenal pekerjaan yang sedang digemari saat ini, yakni content creator. Aktivitas ini menjadi pekerjaan yang sedang banyak dilakukan, bahkan banyak pula yang beralih profesi jadi seorang content creator.

 

Memiliki konten yang menarik untuk meningkatkan bisnis memang sangat penting, terlebih di era digital seperti sekarang. Segala sesuatu yang dilihat secara online, mampu menarik calon konsumen untuk mengunjungi platform bisnis Anda.

 

Itulah tugas content creator untuk mengemas konten jadi semenarik mungkin. Sehingga, orang menjadi tertarik melihat hingga membeli produk yang dipasarkan. Namun, apakah Anda telah mengenal lebih lanjut soal content creator dan cara kerjanya?

 

Pembuat konten alias content creator adalah seseorang yang membuat konten agar menjadi menarik dan membuat penasaran orang yang melihatnya. Konten tersebut harus bersifat mengedukasi atau menghibur. Dengan demikian, calon konsumen pun tertarik terhadap produk yang dipasarkan. Setelah calon konsumen merasa tertarik dengan produk, maka ia pun akan mengunjungi platform bisnis, baik media sosial maupun halaman website.

 

Seorang content creator biasanya akan menghubungkan produk Anda dengan sebuah cerita dan menambahkan aspek emosional. Konten yang menarik secara emosional inilah yang mampu membuat audiens terhubung dengan produk Anda dan selanjutnya tertarik untuk membelinya. Lazimnya content creator bertugas sebagai penghubung antara sebuah brand dengan audiens atau target pasar. Berikut adalah cara kerja seorang content creator dalam menarik audiens media sosial.

 

Mengenal Audiens

 

Content creator mesti mengenal audiensnya terlebih dahulu. Mengumpulkan informasi tentang followers, mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat, lalu merancang konten yang menarik dibuat. Konten tersebut diharapkan dapat mendorong followers untuk menyukai, berbagi, berkomentar, bahkan berminat untuk membeli produk yang dipasarkan.

 

Mengikuti Tren

 

Seorang content creator juga dituntut untuk mengikuti tren yang sedang berlangsung. Tentu saja, ini dapat membantu content creator dalam proses penyajian konten tersebut.

 

Membuat Konten Menarik

 

Content creator harus mampu membuat konten yang membangkitkan emosi audiens. Namun perlu diingat, konten tersebut harus dikemas dalam bentuk yang cerdas dan bijaksana.

 

Merancang Strategi dan Menganalisis Data

 

Pembuat konten juga perlu menentukan tujuan utama dari konten yang dibuat, terlebih jika konten tersebut berkaitan dengan bisnis klien. Kemudian, content creator akan melacak statistik, hasil, dan mengumpulkan data terkait konten yang telah disusun sebelumnya.

 

Berperan Sebagai Perwakilan Brand

 

Content creator juga berperan sebagai perwakilan dari suatu brand. Dengan konten yang buat, content creator diharapkan bisa mewakili suatu brand tertentu. Pembuat konten dapat membantu meningkatkan pasar, serta merepresentasikan brand secara positif.