Pekerjaan yang Tetap Dapat Dilakukan Secara Work From Home

Last update on .

Pandemi COVID-19 masih berlangsung, meski vaksin telah ditemukan dan mulai didistribusikan, namun tetap ada pembatasan kegiatan masyarakat, termasuk di lingkungan kerja. Di saat yang sama, ada sejumlah perusahaan yang mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Lalu, apa saja pekerjaan yang memungkinkan untuk dilakukan secara work from home? Bagaimana cara para pekerja tersebut tetap produktif dengan bekerja dari rumah?

 

Dosen dan Guru

 

Karena banyak pelajar dan mahasiswa yang harus belajar dari rumah, profesi dosen dan guru pun bisa dilakukan dari rumah. Dua profesi ini bisa berinteraksi dengan siswa dan mahasiswa mereka melalui aplikasi seperti Google Classroom. Dosen dan guru bisa online sesuai dengan jam kerja mengajar biasanya. Mengadakan kuis atau ujian pun bisa dilakukan secara online.

 

Content Writer

 

Menjadi seorang content writer tidak menuntut Anda untuk bekerja di luar rumah. Profesi ini bisa melakukan semua pekerjaannya dari rumah. Mencari sumber tulisan, menentukan topik dan keyword, menulis, dan editing bisa dilakukan berbekal laptop dan koneksi internet. Bahkan bila perlu mewawancarai narasumber, content writer bisa melakukannya via telepon atau email.

 

Auditor

 

Auditor adalah orang yang bekerja untuk mengaudit laporan keuangan. Mereka adalah orang yang menentukan apakah laporan keuangan sebuah perusahaan wajar. Ada beberapa pertimbangan seperti sistem pencatatan dan sistem transaksi. Pekerjaan tersebut tentu tetap dapat dilakukan Auditor dari rumah.

 

Graphic Designer

 

Seorang yang bertugas untuk membuat desain secara digital tidak perlu datang ke kantor. Ia bisa memanfaatkan laptop atau komputer serta aplikasi desain yang ada di gadget. Selain itu, koneksi internet yang mumpuni juga harus dimiliki agar graphic designer juga dapat berkoordinasi dengan orang lain. Ia bisa memanfaatkan aplikasi seperti Zoom atau Google Meet untuk menunjukkan desainnya.

 

Web Developer

 

Web developer adalah orang-orang yang bertugas untuk mengembangkan sebuah situs web. Serupa dengan graphic designer, seorang web developer cukup memerlukan laptop dan juga akses internet yang mumpuni. Koneksi internet juga diperlukan oleh seorang web developer untuk berkoordinasi dengan kolega mereka.

 

Youtuber

 

Youtuber juga merupakan profesi yang sangat fleksibel soal tempat. Tidak harus di luar rumah, Youtuber dapat bekerja dari dalam rumah. Bahkan sebagian besar Youtuber memang biasanya bekerja dari dalam ruangan. Mulai dari seorang vlogger, gamers, hingga musisi Youtuber dapat melakukan kegiatannya seperti biasa. Mereka pun dapat mendapatkan uang dari iklan atau endorsement dari sebuah brand.