Alasan Untuk Selalu Harus Fokuskan Aktivitas Anda

Last update on .

Agar menjadi benar-benar sukses, seorang wirausahawan harus disiplin dengan manajemen waktu, manajemen peluang, dan alokasi sumber daya mereka. Keterampilan manajemen memang yang paling penting, namun paling sulit adalah belajar mengatakan ‘tidak’.

 

Anda seperti tidak pernah punya cukup waktu untuk melakukan segala sesuatu yang menurut Anda harus dilakukan. Anda dapat menjadi gila kerja, mengabdikan hampir setiap jam dan hari hanya untuk melakukan tugas bisnis penting sendiri. Masalahnya adalah tubuh manusia tidak dibangun untuk tipe stres seperti itu. Jumlah jam optimal Anda harus bekerja setiap minggu, dengan produktivitas maksimum, rata-rata hanya 35 jam.

 

Amat penting untuk melakukan manajemen waktu yang efektif. Anda perlu menentukan di mana Anda harus memprioritaskan waktu Anda, untuk memastikan bahwa Anda melakukan yang terbaik. Fokus pada apa yang paling penting bagi Anda. Anda kemudian harus melihat apa yang perlu dilakukan dan baru kemudian membuat daftar item prioritas. Tempatkan item dalam urutan kepentingan yang terhubung kembali ke nilai-nilai Anda.

 

Beberapa waktu silam, langkah agar tetap produktif tentang bagaimana seorang wirausahawan dalam mengalokasikan waktu mereka yang paling efisien adalah untuk melakukan banyak tugas atau multitasking. Namun, seiring waktu, orang telah sadar bahwa multitasking bukanlah solusi produktivitas yang paling jitu. Seorang multitasker dapat mengubah tugas dengan cepat dan dapat menjadi pekerja tim yang hebat, serta mampu beradaptasi untuk mengambil peran apa pun yang dibutuhkan tim.

 

Namun, ada efek negatif dalam melakukan multitasking, yang lebih dari sekadar mengimbangi keuntungan tersebut. Manusia pada dasarnya kurang optimal dalam melakukan multitasking. Sangat sulit untuk menyelesaikan tugas secara efisien jika kita menghadapi gangguan yang terus-menerus. Sangat sulit untuk mencapai puncaknya jika kita terus-menerus harus mengambil pekerjaan dan melalui proses berpikir lagi, menentukan di mana kita harus memulai kembali.

 

Kita mungkin tidak menyadarinya, tetapi setiap gangguan menambah tingkat stres kita. Ini menjadi semakin jelas semakin dekat kita dengan tenggat waktu, terutama jika kemungkinan kita mungkin gagal menyelesaikan tugas tepat waktu. Seiring waktu, dengan tingkat stres yang menumpuk, ketidakmampuan kita untuk fokus menjadi lebih jelas, dan produktivitas serta kemampuan kita untuk mengatasinya menderita.

 

Masalah lain dengan multitasking adalah hal itu memengaruhi memori kita. Ketika kita melakukan banyak tugas, kita tidak dapat fokus pada hal-hal dengan cukup cermat. Akibatnya, hal ini mengarah pada kelupaan.

 

Anda tidak dapat melakukan setiap tugas yang perlu Anda lakukan. Maka, pekerjakan seseorang yang memiliki keterampilan yang tidak Anda miliki. Jalani proses menemukan seseorang yang dapat Anda percayai, dan dengan siapa Anda dapat bekerja dengan mudah. Pastikan Anda benar-benar menunjukkan kepercayaan kepada mereka.

 

Jika Anda tidak memiliki cukup pekerjaan untuk mempekerjakan karyawan penuh waktu, pertimbangkan untuk mempekerjakan seorang freelancer. Freelancer berspesialisasi dalam tugas-tugas yang mungkin Anda anggap sulit. Mungkin juga Anda perlu bergabung dengan mitra baru. Kombinasi dari kekuatan mereka dan kekuatan Anda dapat menciptakan banyak sekali peluang. Ada kemungkinan bahwa mitra baru tersebut juga dapat membawa kontak tambahan, sumber daya keuangan, dan manfaat lain untuk kelangsungan bisnis Anda.