Deretan Upaya Tingkatkan Integritas Di Dunia Kerja

Last update on .

Setiap orang pasti sudah pernah mendengar istilah integritas. Sikap ini memang penting untuk dimiliki, terutama di dunia kerja. Karena memiliki integritas yang baik dapat membantu Anda untuk mencapai kesuksesan dan karir yang gemilang.

 

Integritas dapat diartikan sebagai suatu tindakan terhormat yang dilakukan seseorang, bahkan ketika tidak ada orang yang melihatnya. Dengan kata lain, integritas termasuk perbuatan beretika dan terpuji, tanpa perlu diketahui oleh orang lain. Orang yang memiliki integritas tinggi mampu bekerja keras dan menyelesaikan tugasnya secara maksimal. Selain itu, ia pun dapat memperlakukan rekan kerja dan atasannya dengan hormat.

 

Tak hanya perlu dimiliki oleh karyawan saja, tapi integritas mesti dimiliki oleh pihak perusahaan. Tanpa adanya integritas, tentu perusahaan lebih sulit untuk menjalani proses bisnis dan menjaga kualitas. Nantinya, hal ini akan berdampak pada kinerja karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

 

Setidaknya ada beberapa langkah yang dapat diterapkan dalam meningkatkan integritas. Berikut ulasan yang telah Karirgogo.com rangkum untuk Anda.

 

Transparan

 

Penyebab kerugian yang dialami perusahaan atau bisnis, mungkin saja karena kurangnya sikap transparansi. Karyawan tentu berhak untuk mengetahui keadaan perusahaan, sehingga mereka pun dapat membantu dalam menyelesaikan masalah.

 

Untuk itu, pihak perusahaan harus dapat membangun transparansi dengan menceritakan masalah yang sedang dihadapi. Sehingga komunikasi pun dapat meningkat dan karyawan semakin percaya dengan perusahaan.

 

Adil

 

Guna meningkatkan integritas suatu bisnis atau perusahaan, maka cobalah bersikap adil. Selain itu, bersikap adil juga dapat mengurangi potensi konflik antar karyawan. Sehingga, budaya yang harmonis pun dapat terwujud.

 

Komitmen

 

Jadilah seseorang yang jujur dan transparan, mampu menghargai pendapat orang lain, memperlakukan rekan kerja dengan adil, dan dapat menentukan tujuan yang jelas. Untuk menjalani sejumlah hal ini tentu saja diperlukan komitmen tinggi. Komitmen dapat membawa Anda pada kesuksesan dan membangun sikap integritas yang tinggi.

 

Mendukung Karyawan Beropini

 

Terkait hal ini, lakukan diskusi kreatif yang jujur dan kritis, namun dengan cara berpikir yang terbuka dan menghormati ide-ide lainnya. Bangun budaya di mana karyawan dapat berbicara bebas dan mengemukakan ide kreatifnya. Dengan begitu, peluang perusahaan untuk terus maju dan memiliki integritas dapat semakin meningkat.

 

Bangun Komunikasi yang Baik

 

Integritas dapat dicapai dengan memiliki komunikasi yang baik. Seseorang yang mampu berkomunikasi dengan baik dapat dipandang sebagai orang yang percaya diri. Sehingga, orang lain pun dapat menaruh kepercayaan. Membangun komunikasi yang baik di tempat kerja termasuk salah satu cara terbaik untuk meningkatkan integritas.