Cara Mengatasi Kewalahan Ketika Bekerja

Last update on .

Guna merampungkan pekerjaan menumpuk, tentu bukan suatu urusan yang mudah. Rasa kewalahan secara fisik serta emosional pun timbul di tengah pekerjaan dan masih banyak yang belum tahu langkah untuk mengatasinya.

 

Hasil rasa kewalahan yang tidak teratasi itu pun membuat sesorang menjadi semakin malas bekerja dan tidak produktif. Itulah mengapa Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi rasa kewalahan saat bekerja, supaya dapat segera kembali produktif.

 

Diskusi dengan teman kerja

 

Cara pertama mengatasi rasa kewalahan saat bekerja adalah dengan mencoba berdiskusi dengan teman kerja. Saat merasa kewalahan dengan pekerjaan, pastinya akan lebih rentan merasa stres dan tertekan. Jika sudah begitu, produktivitas pun akan semakin menurun.

 

Agar rasa kewalahan itu tidak berlarut-larut, sebaiknya carilah teman untuk menceritakan apa yang sedang Anda rasakan. Mengobrol dengan rekan kerja saat istirahat makan siang. Dengan saling bercerita tentunya beban yang sedang Anda rasakan dapat sedikit berkurang. Bahkan, Anda dapat merasa lebih semangat karena telah mendapatkan dukungan dari orang lain.

 

Jangan paksakan diri sendiri

 

Seringkali Anda merasa kewalahan hanya karena sering memaksakan diri. Hal yang satu ini memang terdengar sepele, namun dampaknya cukup besar. Sebagai contoh, memaksakan diri untuk selalu menunjukkan performa terbaik atau memaksakan diri untuk menyelesaikan semua pekerjaan secara bersamaan.

 

Sering kali kita ingin totalitas saat bekerja hingga memaksakan diri adalah hal yang dianggap lumrah. Padahal, kebiasaan tersebut bisa berdampak buruk pada kondisi fisik dan mental kita. Ada baiknya saat sudah merasa kewalahan dengan semua tugas yang dimiliki, cobalah berhenti sejenak.

 

Rencanakan apa yang ingin dikerjakan

 

Rasa kewalahan tidak hanya sering terjadi karena pekerjaan yang terlanjur sudah menumpuk. Sebab ketika ada terlalu banyak ide di kepala, hal itu juga bisa membuat kewalahan. Ide yang terlalu banyak tersebut akhirnya membuat Anda menjadi bingung untuk segera mengeksekusinya. Agar tidak lagi bingung harus mulai mengerjakan tugas dari mana, maka mulai tuliskan daftar pekerjaan yang ingin segera dituntaskan terlebih dahulu.

 

Cara yang satu ini akan membantumu menentukan pekerjaan mana yang perlu diprioritaskan. Menuliskan apa yang perlu diselesaikan dan menentukan urutan pekerjaan akan bisa membantu Anda bekerja lebih efektif. Cobalah rencanakan apa saja yang ingin dikerjakan dengan membuat ‘to-do-list’.

 

Berani diri untuk ucapkan kata ‘tidak’

 

Saat pekerjaan masih cukup banyak, sebaiknya pertimbangkan lagi jika Anda mau menerima tugas tambahan dari atasan. Kewalahan bekerja juga bisa terjadi karena Anda tidak berani menolak permintaan orang lain untuk membantu pekerjaan mereka.

 

Itulah mengapa mulai saat ini sebaiknya beranikan diri untuk mengucapkan kata ‘tidak’ saat Anda masih menjalankan sebuah tugas atau sedang punya banyak pekerjaan. Menolak tugas dari atasan memang cukup berisiko, karena dapat membuatnya merasa tersinggung. Namun, jika Anda mampu menjelaskan alasan penolakan dengan baik, tentu atasan akan mempertimbangkannya.

 

Luangkan waktu untuk istirahat sejenak

 

Cara mengatasi kewalahan saat bekerja selanjutnya ialah mengambil waktu istirahat sebentar. Pekerjaan yang menumpuk serta kondisi di kantor yang kurang kondusif tentu akan membuat Anda merasa lebih sulit untuk produktif. Maka cobalah untuk mengambil waktu sebentar untuk keluar kantor dan menyegarkan pikiran.

 

Sempatkan untuk berjalan-jalan sebentar dan menghirup udara segar. Tentu saat kembali ke kantor, Anda sudah merasa lebih tenang dan siap bekerja lagi. Perlu diingat, ketika pikiran sudah merasa jenuh dalam pekerjaan, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk terus bekerja dan beristirahatlah sejenak.