Mulailah Mencintai Rutinitas Anda

Last update on .

Walaupun Anda cinta dengan pekerjaan yang dijalani, stres kerja memang terkadang sulit untuk dihindari. Ada banyak sekali alasan yang mungkin menjadi penyebab stres kerja. Baik itu faktor eksternal maupun faktor internal yang berasal dari diri Anda sendiri.

 

Mulai dari gaji yang mulai tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda, lingkungan kerja yang kurang nyaman, hingga beban kerja yang semakin bertambah, merupakan beberapa penyebab stres kerja. Sebelum stres kerja menguasai hidup Anda, maka lebih baik segera mengatasinya. Ada beberapa cara untuk mengatasi stres kerja dan mulai mencintai rutinitas Anda.

 

Perhatikan pola makan dan pola tidur

 

Orang yang sedang mengalami stres kerja cenderung akan memiliki pola makan yang berantakan dan juga mengalami gangguan tidur. Makanlah asupan yang bernutrisi dan jangan lupa untuk memperhatikan porsinya agar tidak berlebihan. Ketika pola makan dan tidur yang baik telah menjadi rutinitas Anda, tanpa sadar stres kerja yang dirasakan juga akan berkurang.

 

Mulai hari dengan hal yang menyenangkan

 

Setiap pagi Anda mungkin harus berkutat dengan macetnya jalanan sebelum sampai ke kantor. Sesampainya di kantor, Anda langsung dihadapkan dengan setumpuk pekerjaan. Cobalah rutinitas pagi yang bisa membuat pikiran Anda lebih rileks dan positif. Buatlah diri Anda nyaman agar dapat memulai hari dengan pikiran yang positif. Memulai hari dengan mood yang bagus dan pikiran positif akan sangat membantu Anda untuk mengatasi stres kerja.

 

Fokus pada solusi

 

Hal yang biasanya dilakukan seseorang ketika mendapatkan masalah adalah terus-menerus memikirkannya. Kebiasaan ini juga yang akhirnya membawa seseorang pada stres kerja. Namun yang tidak kalah penting adalah fokus mencari solusi dari masalah tersebut. Ada kalanya Anda dibebankan pekerjaan yang cukup berat, kemudian terus memikirkannya hingga Anda merasa stres. Mulailah bertindak untuk menyelesaikan segala masalah agar Anda dapat terhindar dari stres kerja.

 

Me time

 

Kesibukan kerja mungkin saja membuat Anda lupa untuk menyisihkan waktu untuk diri sendiri. Jika sudah terlalu lama tidak memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai, maka Anda mulai mengalami stres kerja dan mulai membenci rutinitas. Berhentilah sejenak dan habiskan waktu untuk diri sendiri. Manfaatkan waktu libur akhir pekan untuk mengunjungi tempat baru. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan waktu rehat untuk quality time dengan orang-orang yang disayangi.

 

Buka obrolan positif di tempat kerja

 

Stres kerja bisa ditimbulkan dari lingkungan kerja yang tidak nyaman. Akan lebih baik jika Anda mengubah aura kerja menjadi lebih positif. Ketika Anda memulai suatu pembicaraan yang positif, makan orang lain juga akan menanggapinya dengan positif. Dengan bersikap positif dan optimis, Anda mampu membangun kembali lingkungan kerja yang nyaman.

 

Fokus dan melakukan yang terbaik

 

Mungkin Anda merasa tidak cocok dengan pekerjaan saat ini dan mengharapkan pekerjaan yang jauh lebih baik. Akan tetapi hal tersebut tidak bisa mendapatkannya secara instan, karena Anda harus lebih dulu menyelesaikan pekerjaan yang saat ini telah didapatkan.

 

Stres kerja mungkin saja menjadi hal yang tidak dapat dihindari, namun cobalah untuk fokus pada solusi bukan pada masalah yang dialami. Saat ini, yang terpenting adalah dapat mencari penyebab stres dan berusaha untuk mengatasinya dengan selalu bersikap positif.