Waspadai Burnout Syndrome Ketika Stres di Pekerjaan

Last update on .

Pekerjaan memang bisa melelahkan dan menguras seluruh waktu serta tenaga. Sehingga Anda pun mengalami stres. Bukan hanya stress biasa, tekanan akibat pekerjaan ternyata bisa membawa masalah kesehatan yang disebut burnout syndrome.

 

Burnout syndrome adalah salah satu kondisi stres yang berhubungan dengan pekerjaan. Itu sebabnya, kondisi kesehatan ini juga dikenal sebagai occupational burnout atau job burnout. Kondisi ini sendiri ditandai dengan kelelahan secara fisik dan emosional akibat ekspektasi dan kenyataan karyawan di posisinya tidak berjalan sesuai yang dibayangkan.

 

Stres berkepanjangan akibat masalah pekerjaan juga terjadi saat Anda merasa kewalahan dengan perintah atasan yang terus menerus datang, tapi Anda tidak dapat memenuhi perintah tersebut. Jika kondisi ini terus terjadi dan dibiarkan, maka produktivitas kerja dapat menurun. Sindrom stres ini akan membuat Anda merasa kehabisan energi dan mudah lelah. Terlebih lagi, stres yang berlangsung lama berpotensi rentan untuk terkena penyakit fisik, seperti demam dan flu.

 

Sindrom ini dapat terjadi karena beberapa kemungkinan penyebab, misalnya:

 

  1. Tidak mampu mengontrol apa yang terjadi dan yang memengaruhi pekerjaan.
  2. Bayangan tentang pekerjaan yang tidak jelas.
  3. Dinamika tempat kerja yang buruk.
  4. Jenis pekerjaan yang monoton atau bahkan terlalu dinamis.
  5. Tidak ada dukungan sosial.
  6. Kehidupan pekerjaan yang tidak seimbang.

 

Perasaan bekerja sendirian tanpa ada yang membantu, pekerjaan yang terlalu banyak, dan tidak dihargai bisa membuatmu menjadi malas untuk bekerja. Gejala burnout syndrome biasanya selalu dihubungkan dengan pekerjaan atau stres secara umum.

 

Mungkin saja Anda merasa bahwa tidak ada satupun orang yang menolong ketika sedang mengalami burnout syndrome. Namun, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk lepas dari rasa stres akibat kerja. Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

 

  1. Komunikasikan apa yang kamu rasakan dengan atasan.
  2. Orang terdekatmu juga bisa membantu Anda melepaskan rasa stres yang dirasakan.
  3. Batasi dirimu dari orang yang negatif.
  4. Beberapa kegiatan relaksasi dapat membantu Anda menghilangkan stres.
  5. Olahraga secara rutin bisa membantu Anda mengurangi stres dan mengalihkan pikiran.
  6. Istirahat yang cukup dapat membuat tubuh lebih bugar dan kesehatan pun tetap terjaga.